Belajar Jangan Lupa Doa! Ini Doa Sebelum Belajar yang Wajib Diketahui

Sumber : detik.com

Bagi seorang muslim berdoa adalah suatu hal yang sudah menjadi keharusan bagi setiap umat untuk melakukannya. Sebab berdoa menjadi jembatan penghubung antara manusia dengan tuhan, semakin sering kita berdoa maka hubungan jiwa kita dengan sang pencipta akan erat sehingga akan mendapatkan ketenangan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari salah satunya yaitu doa sebelum belajar. Belajar merupakan hal yang wajib dan sudah menjadi kebutuhan setiap manusia, dengan belajar maka kita akan mendapatkan ilmu yang berguna untuk diterapkan didunia maupun sebagai bekal di akhirat. Berdoa sebelum belajar harus dilakukan agar ilmu yang diberikan menjadi pahala dan berkah. Berikut adalah beberapa doa sebelum belajar.

1. Doa pertama 

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْ

Bismillah Hirrahman Nirrahim.

Artinya: “Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang”

2. Doa Kedua

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbi zidnii ‘ilma warzuqni fahma, waj’alnii minash-shoolihiin

Artinya: “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rezeki akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh”

Baca juga:  Terbaik, Rekomendasi 4 Pil KB yang Bagus dan Mudah Didapatkan
Sumber : enimekspres.sumeks.co

3. Doa Ketiga

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Rodhitu billahi robba, wabil islaami diina, wabi-muhammadin nabiyya warosula. Robbi zidnii ‘ilmaa warzuqnii fahmaa

Artinya: “Aku ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik”

4. Doa Keempat

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي ، وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي ، وَزِدْنِي عِلْمًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Allahummanfa’ni bima ‘allamtani wa ‘allimni ma yanfa’uni wa zidni ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulli halin.

Artinya: “Ya Allah, berilah kemanfaatan atas segala ilmu yang Engkau ajarkan pada saya. Berilah saya ilmu yang bermanfaat dan tambahkanlah ilmu pada saya. Segala puji bagi Allah dalam setiap waktu.”

5. Doa Kelima

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma akhrijnaa min zhulumaatil wahmi, wa akrimnaa binuuril fahmi, waftah ‘alainaa bima’rifatil ilmi, wa sahhil lanaa abwaaba fadhlika yaa arhamar raahimiin

Baca juga:  Mengambil Hikmah dari Cerita Malin Kundang

Artinya: “Ya Allah, keluarkanlah kami dari gelapnya keraguan, dan muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman. Bukakanlah untuk kami dengan kemakrifatan ilmu dan mudahkanlah pintu karunia Mu bagi kami, wahai Dzat yang Maha Pengasih,”

6. Doa Keenam

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii

Artinya: “Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”

7. Doa Ketujuh

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ, وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ, وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ, وَمِنْ دَعْوَةٍ لَا يُسْتَجَابُ لَهَا

Allahumma innii a’uudzu bika min ‘ilmin laa yanfa’u wa qolbin laa yakhsya’u wa du’aa-in laa yusma’u wa ‘amalin laa yurfa’u

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyu, doa yang tidak didengar, dan amal yang tidak diterima.”

8. Doa Kedelapan

. اَللّٰهُمَّ اَلْهِمْنَاعِلْمًانَفْقَهُ بِهِ اَوَامِرَكَ وَنَوَاهِيَكَ وَارْزُقْنَافَهْمًانَعْلَمُ بِهٖ كَيْفَ نُنَاجِيْكَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَا., اَللّٰهُمَّ ارْزُقْنَافَهْمَ النَّبِيِّيْنَ وَحِفْظَ الْمُرْسَلِيْنَ وَاِلْهَامَ الْمَلاَءِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Baca juga:  Beberapa Cara Melibatkan Anak dalam Pekerjaan Rumah

Allaahumma alhimnaa ‘ilman nafqohu bihi awaa miraka wa nawaahiyaka warzuqnaa fahman na’lamu bihii kaifa nunaa jiika birahmatika yaa arhamar raahimiina.

Allaahummar zuqnaa fahman nabiyyiina wa hifdhal mursaliina wa ilhaamal malaa ikatil muqarrabiina birahmatika yaa arhamar raahimiina.

Artinya: “Ya Allah, berilah kami ilham berupa ilmu, yang dengannya aku dapat memahami segala perintah dan larangan-Mu, dan karuniailah kami pemahaman, yang dengannya kami dapat mengetahui bagaimana kami bermunajat kepada-Mu, Wahai Dzat yang Paling Pengasih.

Ya Allah, karuniakanlah kepada kami pemahaman seperti pemahaman para Nabi, daya hafal seperti daya hafal para Rasul, dan ilham seperti ilham para malaikat yang selalu mendekatkan diri kepada Allah, berkat rahmat Engkau, wahai Dzat yang Paling Pengasih di antara para pengasih.”

Demikian penjelasan tentang doa sebelum belajar, semoga dengan adanya informasi ini ilmu yang kita dapatkan bisa bermanfaat,aamiin.

Sumber : 

  1. https://jabar.tribunnews.com/2021/08/02/bacaan-doa-sebelum-belajar-dan-doa-setelah-belajar-lengkap-artinya-mohon-allah-pahamkan-pelajaran?page=2
  2. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5664817/7-pilihan-doa-sebelum-belajar-sesuai-sunnah-dalam-islam/2