6 Tips Berpuasa Ramadhan Bagi Ibu Menyusui Agar ASI Tetap Lancar

Sumber: mybaby

OMTELOLET – Dilema ibu menyusui menghadapi bulan Ramadhan adalah khawatir terhadap konddisi bayinya. Banyak ibu yang resah jika berpuasa tak dapat memproduksi ASI. Namun, ternyata sambil berpuasa, ibu tetap bisa menyisui. Lantas, bagaimana cara agar ASI tetap lancar?

Berkenaan dengan hal itu, Dokter Umum Konselor Latasi di RS Pondok Indah, dr Nabila Rahmania, IBCLC, mengatakan bahwa ketika berpuasa tubuh lebih banyak kehilangan cairan karena perubahan pola makan dan tidur.

“Persiapan setiap ibu menyusui untuk berpuasa tentu berbeda, tergantung usia bayi dan beragam kondisi lainnya,” terang Nabila, dikutip dari Kompas.com, Jumat (8/04).

Dia menambahkan, ibu yang menyusui bayi kembar dan ibu yang sedang menyusui secara eksklusif memiliki kebutuhan nutrisi yang lebih besar, dibandingkan mereka yang menyusui bayi yang sudah dalam masa MPASI.

Baca juga:  Tak Perlu Bingung, Begini Cara Cegah Anak Ikut Tawuran

“Karenanya, sebelum memutuskan untuk berpuasa, sebaiknya ibu menyusui berkonsultasi dengan konselor laktasi atau dokter spesialis anak terlebih dahulu,” imbuhnya.

Nah, berikut ini tips puasa untuk ibu menyusui selama Ramadhan menurut dr Nabila.

1. Minum Yang Cukup

Pertama adalah pastikan ibu yang menyusui dapat memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air yang cukup, yakni minimal 2 liter per hari. Kemudian, penuhilah kebutuhan cairan harian dengan minum sedikit tapi sering antara waktu buka puasa dan sahur.

2. Memilih Makanan Bergizi Saat Sahur

Puasa untuk ibu menyusui, maka disarankan dapat mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang yang mencakupi protein dan karbohidrat kompleks agar mendapatkan energi yang cukup selama berpuasa lebih dari 12 jam.

Baca juga:  4 Rekomendasi Channel Youtube Anak yang Menghibur dan Mengedukasi

3. Segera berbuka

“Saat waktu berbuka tiba, ibu sebaiknya lekas membatalkan puasa dengan mengonsumsi makanan alami berenergi tinggi untuk memulihkan energi dengan cepat,” papar Nabila.

4. Hands-on Breastfeeding

Dokter Nabila menyebut, let down reflex (LDR) atau rangsangan yang membuat aliran ASI lebih lancar dapat melambat saat berpuasa.Oleh karenanya, para ibu dapat mengatasi kondisi ini dengan menyusui sambil memijat halus dari pangkal payudara ke ujung.

5. Tetap berpikiran positif Tips puasa untuk ibu menyusui terakhir yang diberikan dr Nabila kepada para ibu menyusi yang berpuasa

Selama Ramadhan, adalah tetap berpikiran positif agar ASI tetap lancar.
Sumber: kompas.com