Apakah Lulusan SMK Bisa Masuk Kuliah? Cek 7 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak SMK

OMTELOLET – Apa lulusan SMK bisa masuk kuliah? Bagi kamu lulusan SMK, tentunya juga memiliki kesempatan dan jalur masuk perguruan tinggi yang sama dengan anak SMA.

Kamu yang menjadi anak SMK bahkan memiliki peluang yang sama untuk melanjutkan kuliah. Tentunya, jurusan kuliah juga menawarkan berbagai pilihan yang sesuai dengan keinginanmu di SMK.

Pasalnya, berbagai jurusan kuliah juga ada yang sama dengan jurusan di SMK. Lalu, kira-kira pilihan jurusan apa yang cocok? Berikut jurusan yang memiliki mata kuliah menarik, prospek kerja yang menjanjikan, serta banyak prakteknya.

1. Jurusan Teknik Mesin

Sebagai anak mesin di SMK, kamu sudah nggak asing lagi dengan bidang ini sehingga akan lebih mudah dalam mempelajari setiap mata kuliah di jurusan ini.

Kamu akan belajar mengenai cara pemeliharaan mesin, perancangan mesin, dan teknik produksi mesin secara lebih mendetail.

Baca juga:  Menjanjikan! 7 Cita-Cita yang Cocok untuk Jurusan IPS, Cari Tahu Disini

Lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai Teknisi, Mechanical Engineer, Operator di banyak perusahaan seperti industri otomotif.

2. Jurusan Akuntansi

Sebagai salah satu jurusan yang ramai peminat, kamu bisa memilih akuntansi karena telah mempelajari di SMK.

Pada umumnya, jurusan ini akan belajar mengenai debit-debit, pembukuan, hingga pasar modal dan dampaknya.

Setelah lulus dari Jurusan Akuntansi kamu akan memulai karir sebagai seorang Konsultan Pajak, Ahli Keuangan, Akuntan, dan lainnya.

3. Jurusan Administrasi Perkantoran

Sebagai lulusan SMK Program Keahlian Administrasi Perkantoran, kamu bisa melanjutkan kuliah pada bidang yang sama.

Di jurusan ini, kamu akan belajar mengenai pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan perencanaan, korespondensi, pengarsipan, pendataan, hingga penyediaan segala administrasi perkantoran.

Setelah lulus kuliah, kamu bisa menjadi seorang Sekretaris, Staf Administrasi, General Affairs, maupun Staf Legal di berbagai perusahaan.

4. Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Apabila kamu lulusan SMK dengan bidang keahlian desain grafis dan tertarik meningkatkan kreativitasmu, maka pilihlah jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV).

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari tentang teknik menyampaikan media dengan pemanfaatan elemen visual, misalnya Komunikasi Grafis, Komunikasi Visual Periklanan, dan Komunikasi Multimedia.

Baca juga:  Apa Itu Teks Prosedur? Ini Pengertian, Struktur, dan Cirinya

Selain itu, kamu bisa bekerja di perusahaan sesuai bidang ini, seperti Desainer Grafis, Ilustrator, Animator, dan Web Designer.

5. Jurusan Teknik Informatika

Bidang Teknologi dan Informatika sebagai salah satu jurusan favorit di kalangan siswa SMK. Pada jurusan ini, kamu akan memiliki beberapa program keahlian, seperti Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Komputer dan Jaringan, serta Teknik Telekomunikasi.

Beberapa ilmu mengenai software dan computer science yang sebelumnya dipelajari di SMK, kamu bisa menggeluti lebih dalam di jurusan kuliah ini.

Prospek kerja jurusan ini sangat menjanjikan karena meningkatnya jumlah pelanggan e-commerce. Oleh karena itu, banyak e-commerce yang berpotensi menyerap tenaga kerja yang memiliki latar belakang pendidikan dari Jurusan Teknik Informatika.

6. Jurusan Farmasi

Sebagai lulusan SMK dengan Program Keahlian Farmasi, jika ingin melanjutkan kuliah kamu bisa memilih Jurusan Farmasi untuk lebih memperdalam bidang tersebut.

Di jurusan ini, selain kamu akan belajar mencampur, meracik, dan membuat obat, kamu juga akan dibekali tentang cara memanajemen dan memasarkan obat, lho.

Baca juga:  Soal Puisi Kelas 8 yang Sering Keluar Saat Ujian

Nah, saat kuliah di Jurusan Farmasi kamu tidak hanya dihadapkan oleh teori di kelas saja, tetapi kamu juga akan terlibat dalam berbagai praktikum.

7. Jurusan Pariwisata

Ingin melanjutkan kuliah di Jurusan Pariwisata karena kamu lulusan SMK dengan bidang keahlian yang sama? Bisa banget kok. Kamu bisa memperdalam ilmu tersebut dan menggapai impian karirmu di jurusan ini, lho. Nantinya, kamu akan mempelajari lebih lanjut mengenai bidang pariwisata yang meliputi manajemen destinasi wisata, manajemen tour dan travel, hingga perhotelan.

Salah satu keterampilan yang harus kamu punya saat kuliah di jurusan ini adalah komunikasi yang baik. Keterampilan ini penting karena nantinya kamu akan bertemu dengan banyak wisatawan dari berbagai negara.

Lalu setelah lulus dari jurusan ini, gimana sih prospek kerjanya? Tenang aja. Prospek kerja lulusan Pariwisata sangatlah luas. Kamu bisa menjadi seorang Pemandu Wisata, Pengusaha Perjalanan Wisata, Manajer Tempat Wisata, dan Concierge Hotel.

Nah dari penjelasan di atas, apakah kamu sudah menentukan pilihan jurusan kuliah setelah lulus SMK? Biar nggak salah pilih, sebaiknya kamu memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan dan bidang yang disukai.

 

 

Sumber:

https://www.ruangguru.com/blog/10-jurusan-kuliah-bagi-siswa-lulusan-smk