Catat, Begini Cara Mengatasi Anak Tantrum karena Gadget

OMTELOLETGadget merupakan barang yang digemari oleh anak-anak pada masa kini, baik untuk menonton film animasi favoritnya, hingga bermain game. Lalu, bagaimana cara mengatasi anak tantrum karena Gadget?

Tantrum sendiri adalah ledakan emosional yang terjadi pada anak, serta diikuti dengan sikap keras kepala yang cenderung sulit dikendalikan. Umumnya, orang tua khawatir bahwa anaknya akan mengalami Tantrum karena Gadget, sehingga orang tua mulai berpikir bagaimana cara mengatasinya.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi anak tantrum karena Gadget, tips ini tentunya akan bermanfaat mengatasi tantrum.

Melibatkan Anak dalam Kegiatan Outdoor

Salah satu cara agar mengatasi anak tantrum karena Gadget, yakni dengan sering melibatkan anak dalam berbagai kegiatan yang bersifat Outdoor. Tentu, ada banyak sekali opsi kegiatan Outdoor seperti mengajaknya les berenang, hingga mengenalkannya dengan olahraga seperti Basket.

Baca juga:  Tips Agar Anak Mau Mendengarkan Orang Tua, Bukan Dimarahi

Cara tersebut tak hanya bermanfaat untuk mengatasi anak tantrum karena Gadget tapi juga bisa mengasah kemampuan motorik anak. Selain itu, kondisi anak akan menjadi lebih sehat dan bisa membantu anak menemukan potensi dari minat dan bakatnya.

Mencontohkan Hal yang Sesuai

sumber gambar ; unsplash.com

Bila kita tak menginginkan anak menjadi kecanduan Gadget hingga menyebabkan tantrum, maka orang tua harus mencontohkan hal yang sesuai. Artinya, orang tua juga tidak boleh sering menggunakan Gadget didepan anaknya, anak juga tidak melakukan hal yang sama.

Ingatlah, bahwa anak adalah peniru yang cerdas, dan cenderung meniru hal yang secara tidak langsung dicontohkan oleh orang tua. Maka, cara mengatasi anak tantrum karena Gadget adalah dengan mencontohkan hal yang sesuai.

Baca juga:  Belajar Jangan Lupa Doa! Ini Doa Sebelum Belajar yang Wajib Diketahui

Letakkan Gadget di Tempat yang Aman

Awal mula penyebab anak kecanduan Gadget bisa jadi karena anak-anak yang dengan mudah mengambil Gadget dari tempat yang bisa dijangkau. Maka, orang tua perlu memastikan agar tidak sembarangan menaruh Gadget saat sedang tidak menggunakannya.

Bila hal tersebut sudah lalai untuk diterapkan, maka semakin besar peluang anak bermain Gadget hingga menjadi tantrum. Maka, cara mengatasi anak tantrum karena Gadget yakni orang tua menyimpan Gadget di tempat aman.

Berikan Pemahaman yang Baik

Gadget tak selalu berdampak buruk pada anak, namun orang tua perlu memberikan pemahaman pada anak bahwa Gadget bukanlah segala-galanya. Masih banyak kegiatan asyik lainnya yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu bermainnya.

Baca juga:  Ini Dia, Daftar 10 Nama Pahlawan yang Perlu Anak Ketahui

Itulah ulasan mengenai cara mengatasi anak tantrum karena Gadget, semoga bermanfaat.

sumber referensi ; https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/perkembangan-anak/mengatasi-anak-kecanduan-gadget/