Wajib Tahu Apa itu Demokrasi? Pengertian, Tokoh dan Contohnya

Apa itu Demokrasi?
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Apa itu Demokrasi? sebagai warga negara Indonesia, kita memahami bahwa sistem pemerintahan Indonesia bersumber dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Setiap warga negara dapat memberikan sumbangsih peranan dalam hal pengambilan keputusan melalui perwakilan rakyatnya.

Bukti lain yang menunjukkan bahwa negara Indonesia menganut sistem pemerintahan Demokrasi adalah melalui pemilihan umum. Baik pemilihan umum kepala daerah, pemilihan wakil rakyat bahkan hingga presiden yang dilakukan dalam jangka waktu 5 tahun sekali.

Selain daripada itu, Demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia tidak hanya tampak saat pemilihan umum saja. Nilai-nilai dalam Demokrasi juga diamalkan dalam kehidupan sehari-hari warga negara Indonesia melalui keberadaan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Baca juga:  Jurusan Desain Grafis Bisa Kerja Apa? Simak Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya yang Menjanjikan

Pengertian ‘Apa itu Demokrasi?’

Bedasarkan sejarahnya, Demokrasi berasal dari dua suku kata yang merupakan bahasa Yunani, yakni “demos” dan “kratos”. Demos memiliki arti sebagai rakyat, sedangkan kratos dapat diartikan sebagai pemerintahan. Artinya, demokrasi dipahami sebagai suatu sistem pemerintahan yang dibangun dan dijalankan dengan melibatkan rakyat dalam pengambilan keputusan.

Para ahli berikut ini memiliki pendapatnya tersendiri tentang Demokrasi. Namun pada intinya menyatakan kesamaan pandangan tentang Demokrasi sebagai sistem pemerintahan yang bersumber dan dijalankan oleh rakyat.

  • C.F Strong : Demokrasi merupakan sistem pemerintahan yang mana mayoritas rakyat berusia dewasa turut serta berpartisipasi. Rakyat berusia dewasa dilibatkan dalam kegiatan politik atas dasar sistem perwakilan, yang menjamin pemerintahan serta mempertanggungjawabkan setiap tindakan dan keputusannya.
  • Abraham Lincoln : Sistem pemerintahan yang didasari oleh rakyat. Demokrasi adalah sebuah pemerintahan yang diciptakan dari rakyat, oleh keberadaan rakyat, dan untuk kepentingan rakyatnya.
Apa itu Demokrasi?
sumber gambar : unsplash.com
  • Haris Soche : Demokrasi merupakan bentuk pemerintahan rakyat, dalam kekuasaan pemerintahan terdapat kuasa rakyat untuk mengatur. Bahkan, mempertahankan dan melindungi diri dari segala bentuk pemaksanaan orang lain atau badan yang bertanggung jawab memerintah.

Tokoh Demokrasi

  • Ir. Soekarno, presiden pertama Republik Indonesia ini layak disebut sebagai salah satu tokoh demokrasi yang pernah ada di Indonesia. Melalui gagasan Sisodemokrasi, Soekarno pernah menggagas konsep tata sosial, politik dan ekonomi yang anti-elitisme agar rakyat dilibatkan secara penuh.
  • Mahatma Gandhi, tokoh asal India ini dikenal memperjuangkan kemerdekaan dan keadilan Rakyat di India tanpa jalan kekerasan. Mahatma Gandhi sangat menentang sikap-sikap diskriminasi tanpa harus memantik kekerasan untuk melawannya.
Baca juga:  Mau Nulis esai? Pelajari Dulu Contoh Esai Singkat Ini!

Contoh Demokrasi

Kita dapat melihat contoh penerapan sistem pemerintahan dan kehidupan Demokrasi melalui sistem pemilihan umum. Serta, bagaimana setiap rakyat bebas mengutarakan pendapatnya di muka umum secara bebas baik secara langsung maupun lewat perantara media.

Jadi, seperti itulah ulasan mengenai apa itu demokrasi? semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan informasi anda.

 

sumber referensi ; https://www.gramedia.com/literasi/demokrasi/