Tujuan Mengikuti Pelatihan Apa? Nggak Cuma Upgrade Skill Saja Kok

Tujuan Mengikuti Pelatihan
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Pernahkah kamu memikirkan tentang Tujuan Mengikuti Pelatihan Apa? nggak cuma upgrade skill saja kok. Ya, benar sekali memang, bahwa tujuan mengikuti pelatihan memang tidak sekedar hanya untuk mengupgrade skill individu saja.

Dewasa ini, khususnya semenjak wabah Corona melanda dunia, termasuk Indonesia, ada banyak sekali bertebaran program pelatihan yang digelar. Berbagai macam pelatihan tersebut utamanya memang dirancang agar pesertanya bisa mengupgrade skill serta agar tetap bisa produktif.

Namun, sebenarnya, tujuan mengikuti pelatihan jauh lebih banyak dan lebih luas ketimbang sekedar untuk upgrade skill semata. Semakin kita memahami tujuan mengikuti pelatihan, maka akan semakin banyak benefit dan juga konsep perencanaan yang bisa kita buat selepas mengikuti pelatihan.

Tujuan Mengikuti Pelatihan?

Mengupgrade skill memang menjadi tujuan utama dalam mengikuti pelatihan, namun hal itu masih belum menjadi jaminan bahwa seseorang bisa menjadi produktif. Seseorang perlu memahami tujuan yang lebih luas dari program pelatihan yang diikutinya agar bisa membuat pencapaian besar selepas mengikuti pelatihan.

Baca juga:  Bagaimana Cara Hyena Mempertahankan Diri dan Wilayahnya

Apa saja tujuan lain dari mengikuti pelatihan? simak ulasannya berikut ini ;

Menambah Wawasan

Tujuan mengikuti pelatihan selayaknya juga diniatkan untuk menambah wawasan, artinya, bisa menjadi suatu momentum untuk membuka wawasan baru. Terbukanya wawasan baru semakin mempermudah seseorang untuk bisa mengembangkan keterampilan yang baru saja dikuasainya.

Tujuan Mengikuti Pelatihan
sumber gambar : unsplash.com

Menambah Jaringan Pertemanan

Sebagai mahluk sosial, manusia tidak akan bisa hidup dan memenuhi segala kebutuhan dan impiannya hanya dengan usahanya sendiri. Tujuan mengikuti pelatihan sejatinya juga hendaknya digunakan untuk menambah jaringan pertemanan agar bisa semakin mengembangkan jaringan sosialnya.

Belajar dari Orang yang Lebih Sukses

Setiap program pelatihan tentu menghadirkan banyak sekali orang-orang hebat yang telah sukses dalam bidang yang ditekuninya. Hal itu tentu bisa menginspirasi setiap orang yang mengikuti pelathan, sebab ada banyak sekali nilai-nilai yang bisa dipetik sebagai suatu pelajaran hidup.

Baca juga:  Kenali Fitur Baru ruangbelajar di Ruangguru yang Bikin Belajar Lebih Seru

Mengenali dan Mengevaluasi Diri Sendiri

Mengikuti suatu program pelatihan tidak melulu membicarakan dan mengajarkan tentang materi yang bersifat lifeskill. Program pelatihan hampir selalu menyisipkan materi seputar Character Building yang bisa membantu para pesertanya untuk mengevaluasi dirinya. Artinya, peserta bisa lebih mengenali dan mengevaluasi segala kekurangan yang ada dalam dirinya untuk kemudian diperbaikinya.

Membuka Peluang dan Pekerjaan

Tujuan akhir dari mengikuti program pelatihan tentunya agar seseorang bisa membuka dan melihat peluang yang ada. Khususnya dalam hal pekerjaan, bagaimana selepas mengikuti suatu program pelatihan, peserta pelatihan bisa mendapatkan pekerjaan.

 

sumber referensi : https://ruangmahasiswa.com/info/7-manfaat-mengikuti-pelatihan/