Pentingnya Memahami Apa Itu Investasi? Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apa itu Investasi?
sumber gambar ; unsplash.com

OMTELOLET – Sangatlah penting kiranya bagi kita untuk memahami apa itu Investasi? terlebih dalam hal untuk perencanaan hidup jangka panjang. Merupakan hal yang wajar bila orang-orang yang telah berpenghasilan mulai memikirkan berbagai perencanaan hidup dalam jangka waktu panjang.

Pastinya, tak ada orang yang ingin hidup tanpa kepastian modal. Disaat sudah memasuki masa pensiunnya dari profesi pekerjaanya di suatu perusahaan maupun instansi, orang-orang ingin semua kebutuhan hidupnya tetap tercukupi.

Jadi, apa itu Investasi?

Pengertian Investasi

Jadi, pengertian dari Investasi adalah suatu kegiatan penanaman modal berupa uang ataupun aset berharga ke suatu lembaga maupun pihak tertentu. Tujuannya sederhana dan pasti, yakni agar orang yang menanamkan modal tersebut akan mendapatkan keuntungan finansial dalam jangka waktu beberapa tahun berikutnya.

Baca juga:  Tak Disangka, Ada Banyak Sekali Manfaat Madu untuk Wajah

Adapun modal yang ditanamkan oleh pelaku Investasi tersebut selanjutnya akan diputar kembali oleh lembaga yang mengelola bidang Investasi tersebut. Modal yang diputar tersebut pada akhirnya akan menghasilkan keuntungan finansial yang selanjutnya akan dibagikan kepada penanam modal sesuai ketentuan yang sudah disepakati.

Secara prinsip kerjanya, seseorang yang melakukan investasi tidak akan menggunakan komoditi yang dibelinya dalam bentuk investasi. Komiditi tersebut umumnya akan didiamkan dalam jangka waktu lama hingga harganya bisa menjadi jauh lebih mahal daripada modal awal yang telah dikeluarkan.

Apa itu Investasi?
sumber gambar ; unsplash.com

Invesati dapat kita pahami sebagai upaya untuk tetap mendapatkan jaminan modal untuk mencukupi kebutuhan hidup di masa depan. Meskipun begitu, Investasi bukanlah jaminan 100% pasti meraih keuntungan. Dikarenakan, Resiko kerugian tetaplah ada dengan berbagai kemungkinan hal yang terjadi sepanjang waktu berinvestasi.

Baca juga:  Bagaimana Cara Merawat Tanaman Agar Tumbuh Subur?

Jenis Investasi

Segala kemungkinan untung dan rugi dalam upaya berinvestasi bisa diperhitungkan, bergantung dari jenis investasi yang dipilih melalui beberapa jenisnya berikut ini ;

  • Investasi Properti, pembelian properti real estate yang kemudian dikelola dengan cara disewakan atau dijual kembali.
  • Investasi Emas, membeli logam mulia dan dijual kembali saat harganya naik.
  • Investasi Saham, menyertakan modal individu ataupun badan usaha pada perseroan terbatas.
  • Investasi Reksa Dana, wadah pengumpulan dana secara kolektif dan diinvestasikan ke instrumen investasi di pasar modal dengan bentuk unit penyertaan reksa dana.
  • Investasi Cryptocurrency, instrumen investasi mata uang digital yang memiliki potensi keuntungan tinggi, dengan sandi keamanan super tinggi.

Contoh Investasi

  • Investasi Barang langka, dibeli karena kelangkaannya dan akan dijual saat mendapat penawaran harga tinggi.
  • Asuransi kesehatan, memberikan jaminan kepada pelanggan asuransi agar mendapat biaya ganti perawatan dan lain sebagainya.
Baca juga:  Heboh! Simak 5 Fakta Pernikahan Brooklyn Beckham dan Nicola Peltz yang Capai Rp56,1 Miliar

 

Sumber referensi ; https://kamus.tokopedia.com/i/investasi/