Yuk Disimak, Tips Mengajarkan Anak Bahasa Inggris Sejak Dini

Tips mengajarkan anak bahasa Inggris sejak dini
sumber gambar ; unsplash.com

OMTELOLET – Bahasa inggris merupakan bahasa Internasional, orang yang mahir berbahasa Inggris akan lebih mudah membangun karir kerja yang baik. Tak sedikit orang tua yang berlomba-lomba mendorong anaknya agar belajar bahasa Inggris di berbagai lembaga bimbingan belajar.

Pada dasarnya, mengajarkan anak bahasa inggris sejak dini merupakan hal yang baik, namun belum tentu anak akan mau menyanggupinya. Karena, anak usia dini masih belum biasa diarahkan untuk fokus belajar, mereka hanya bisa diarahkan untuk bermain sambil belajar.

Maka, diperlukan beberapa tips mengajarkan anak bahasa inggris sejak dini, agar apa yang diinginkan orang tua bisa terwujud. Dilain sisi, anak juga bisa menerima keinginan orang tua tersebut tanpa rasa tertekan. Berikut ini adalah tips untuk mengajarkan anak bahasa inggris sejak usia dini.

Mengenalkan Bahasa Inggris  Sejak Usia 3-6 tahun

Tips mengajarkan anak bahasa inggris sejak dini bisa dimulai dengan mengenalkannya sejak anak berusia 3-6 tahun. Cara mengenalkannya bisa dengan melalui film animasi berbahasa Inggris dan juga lagu berbahasa Inggris. Lakukan tips tersebut tanpa takut anak akan melupakan bahasa utamanya, yakni Bahasa Indonesia. Karena, anak akan bisa belajar dan memahami kedua bahasa tersebut dengan sama baiknya.

Baca juga:  Temukan Disini, Rekomendasi Buku Dongeng untuk Anak

Melakukan Percakapan Berbahasa Inggris

Tips mengajarkan anak bahasa Inggris sejak dini berikutnya yakni dengan membiasakan percakapan kecil dengan anak saat sedang bersama. Baik saat sedang makan, mandi atau juga memasak, mulailah percakapan dengan bahasa Inggris. Cara tersebut dapat membuat anak menjadi familiar dan percaya diri untuk berbahasa Inggris.

sumber gambar ; unsplash.com

Melafalkan Kalimat dengan Jelas dan Perlahan

Tips mengajarkan anak bahasa inggris sejak dini selanjutnya, yakni dengan melafalkan kalimat-kalimat bahasa inggris dengan jelas dan perlahan. Hal itu bertujuan agar anak bisa memahami dan menangkap pesan bahasa yang disampaikan dalam bahasa Inggris. Cara tersebut dapat membuat anak-anak menjadi lebih mudah untuk mempelajari Bahasa Inggris.

Baca juga:  4 Medium Belajar yang Baik untuk Mengasah Keaktifan Anak Pra Sekolah

Quality Time untuk Bahasa Inggris

Tips mengajarkan anak bahasa inggris sejak dini bisa dilanjutkan dengan membuat quality time khusus untuk berbicara dengan bahasa Inggris. Diskusikan dengan anak waktu khusus untuk berbicara dengan bahasa Inggris, sehingga anak akan semakin menyadari pentingnya belajar bahasa Inggris.

Menonton Film Animasi Berbahasa Inggris

Tips mengajarkan anak bahasa inggris sejak dini bisa ditutup dengan mengajaknya nonton film animasi berbahasa Inggris. Hal itu dapat memacu anak untuk melatih kemampuan mendengarnya serta kepercayaan dirinya untuk menirukan cara melafalkan kalimat berbahasa Inggris.

sumber referensi ; https://hellosehat.com/parenting/anak-1-sampai-5-tahun/perkembangan-balita/cara-mengajari-anak-bahasa-inggris/