Yuk Cari Tahu Bagaimana Cara Memainkan Alat Musik Ritmis

Sumber foto dari Kompas.com

Setiap alat musik memiliki fungsinya masing-masing dalam sebuah pertunjukan. Berdasarkan fungsinya, alat musik dapat dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu alat musik ritmis, harmonis, dan melodis. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara memainkan alat musik ritmis. Tapi sebelum menuju pembahasan utama, ada baiknya kita pahami dulu apa itu alat musik ritmis.

Apa yang Dimaksud Alat Musik Ritmis?

Alat musik ritmis adalah kumpulan alat musik yang tidak menghasilkan bunyi diatonis maupun pentatonis. Diatonis biasa kita kenal dengan tangga nada yang terdiri dari tujuh nada dalam satu oktaf, misalnya pada piano dengan bunyi do, re, mi, fa, sol, la, si, do. Adapun Pentatonis adalah jenis tangga nada yang memiliki lima nada pokok, misalnya pada suling dan gamelang. 

Baca juga:  Bingung Perbedaan Rangkuman dan Ringkasan? ini Pembahasannya!

Alat musik ritmis menghasilkan bunyi yang unik. Walaupun tidak bernada, namun alat musik ini memberikan irama yang erat kaitannya dengan ketukan dan birama. Perlu diketahui, birama adalah ketukan secara berulang-ulang yang dilakukan dengan teratur dan dalam waktu yang sama.

Alat musik ritmis hadir dengan fungsi yang beragam. Alat musik ini biasanya dijadikan sebagai penanda bagi pemain musik lain ketika hendak memulai pertunjukan musik.  Alat musik ritmis juga biasa menjadi penanda pada koreografi atau perpindahan gerakan tarian. Selain itu, alat musik ini juga menjadi penyempurna instrumen dalam sebuah pertunjukan musik. Alat musik ritmis akan membuat suara yang dihasilkan paduan musik terasa lebih hidup dan enak didengar. 

Baca juga:  Memahami Contoh Soal Determinan Matriks

Cara Memainkan AlatMusik Ritmis

Memainkan alat musik ritmis pada dasarnya sangatlah sederhana, namun membutuhkan ketepatan dalam mengambil nada maupun keteraturan sebuah ketukan saat mengikuti ritme lagu yang dibawakan. Biasanya alat musik ini dimainkan dengan berbagai cara, seperti digoyangkan, digesek, dikocok atau dipukul baik hanya menggunakan tangan maupun menggunakan bantuan alat lain.

Ada banyak contoh alat musik ritmis, salah satunya sebagai berikut ini:

1.Kendang

Kendang adalah alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara ditepak menggunakan telapak tangan atau ditabuh dengan alat pemukul.

2. Tamborin

Tamborin adala alat musik ritmis yang dimainkan dengan cara ditabuh dan digoyangkan. Untuk menghasilkan bunyi, salah satu tangan memegang alat musik dalam posisi tegak, sedangkan tangan lainnya memukul atau mengetuk bagian tengah sehingga muncul suara.

Baca juga:  MUDAH ! Berikut Rumus Mencari Panjang Persegi Panjang.

3.Cajon 

Alat musik ini  berbentuk kotak kubus yang berbahan lembaran kayu tipis atau triplek. Sejumlah triplek dipasang di semua sisi Cajon dan bagian belakang dibuat sebuah lubang. Cajon dimainkan dengan cara dipukul pada bagian permukaan triplek, dan biasanya pemain duduk  di bagian atas Cajon.

Nah, itulah penjelasan singkat tentang bagaimana cara memainkan alat musik ritmis. Informasi singkat ini cocok bagi kamu yang ingin belajar alat musik ritmis atau ingin mengenal lebih jauh tentang alat musik ritmis.