Yuk Cari Tahu, Apakah yang Dimaksud dengan SNMPTN?

sumber gambar : ayobandung.com

Apakah yang dimaksud dengan SNMPTN? pertanyaan semacam itu perlu mendapatkan penjelasan ataupun jawaban. Terkhusus bagi para pelajar SMA yang akan segera lulus dan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, maka, wajib kiranya untuk memahaminya.

Pada umumnya, para pelajar yang akan segera lulus dari bangku SMA hampir dipastikan akan melanjukan pendidikannya ke perguruan tinggi. Sedangkan jawaban dari pertanyaan mengenai “apakah yang dimaksud dengan SNMPTN?” sangat erat kaitannya dengan fase peralihan jenjang pendidikan yang dialami seorang pelajar, dari bangku SMA ke Perguruan Tinggi. Maka, atas dasar itulah, pokok bahasan pada artikel kali ini tak kalah pentingnya dengan topik bahasan lainnya.

SNMPTN adalah akronim dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, merupakan suatu tes berkasala nasional yang dilakukan guna menyeleksi para calon Mahasiswa yang hendak berkuliah ke perguruan tinggi tujuannya.

Baca juga:  Yuk Cari Tahu, Perbedaan SBMPTN dan SNMPTN!

SNMPTN digelar setiap tahunnya, sejak pertama kalinya digelar pada tahun 2008 dengan beberapa metode penyeleksian. Namun, seiring berjalannya waktu, pola penyeleksian SNMPTN terus mengalami perkembangan hingga dikenal seperti saat ini.

SNMPTN merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang menekankan prosedur penyeleksiannya pada nilai rapor dan prestasi akademik maupun non akademik. Artinya, untuk lolos melalui jalur seleksi SNMPTN, peserta tidak perlu menjalani tes tulis mengerjakan soal dan lain sebagainya.

Bila dirunutkan berdasarkan berbagai jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang lain, SNMPTN merupakan jalur seleksi yang dibuka terlebih dahulu. Maka, bisa dibilang, jalur seleksi SNMPTN merupakan jalur seleksi penerimaan yang paling dinantikan.

Baca juga:  Cara Menghitung Rata-rata Rapor SNMPTN Secara Jitu

Maka, bisa dibilang, dengan lolos seleksi di jalur SNMPTN bisa menjadi kebanggaan tersendiri. Pasalnya, seseorang bisa diterima di suatu perguruan tinggi negeri tanpa harus menjalani serangkaian tes tulis, melainkan hanya dengan dinilai kelayakan kemampuan akademiknya melalui rataan nilai rapor.

Jalur SNMPTN pada umumya hanya menampung sekitar 20% dari total daya tampung, maka, persaingan untuk lolos di jalur ini sangatlah ketat. namun, justru karena itulah, jalur SNMPTN menjadi jalur seleksi yang sangat bergengsi.

sumber gambar : ayosemarang.com

Sebagai jalur seleksi pertama yang membuka pendaftaran sekaligus pengumuman, maka peserta yang lulus pada jalur SNMPTN dihadapkan pada beberapa keuntungan. Pertama, mahasiswa yang bersangkutan akan memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri dalam menyongsong fase perkuliahan di kampus.

Baca juga:  Apa Itu Teks Tanggapan? Ini Pengertian, Ciri, dan Strukturnya

Kedua, dengan dinyatakan lolos di jalur SNMPTN, maka, mahasiswa yang bersangkutan juga akan terhindar dari nominal uang kuliah semester yang tinggi. Mahasiswa yang diterima lulus di jalur SNMPTN akan dikenakan biaya uang kuliah per semester yang lebih rendah, dalam hitungan kasarnya, mereka tak akan mendapatkan biaya kuliah yang melebihi angka tiga juta rupiah.

Jadi, begitulah penjelasan mengenai bahasan “apakah yang dimaksud dengan SNMPTN?”

Sumber referensi : https://www.suara.com/news/2021/08/27/121716/snmptn-adalah-seleksi-masuk-kuliah-ini-definisi-sejarah-dan-persyaratan?page=all

https://www.gokampus.com/blog/ini-5-keunggulan-snmptn-yang-bisa-kamu-dapatkan