Wajib Ngerti Apa itu Psikopat? Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apa itu Psikopat
sumber gambar " unsplash.com

OMTELOLET – Apa itu Psikopat? kamu pasti pernah menonton sebuah film dimana terdapat seorang tokoh yang berwatak bengis dan tidak berperasaan. Bisa jadi, tokoh tersebut berkarakter psikopat, tapi juga belum tentu tokoh tersebut memiliki karakter psikopat.

Jadi. sebenarnya apa itu Psikopat? artikel ini akan memberikan ulasan tentang pengertian psikopat, beserta jenis psikopat dan juga contohnya.

Pengertian ‘Apa itu Psikopat?’

Psikopat adalah suatu gangguan mental yang dapat kita kenali melalui kurangnya rasa empati pada diri seseorang. Selain itu, seseorang yang menderita Psikopat juga cenderung tidak bisa mengontrol emosi dan juga perilakukanya, bahkan cenderung Impulsif.

Pada akhirnya, seseorang yang menderita gangguan Psikopat akan cenderung menarik dirinya dari segala bentuk interaksi sosial dengan lingkungannya. Artinya, pengidap gangguan Psikopat akan memiliki sikap antisosial, suka melanggar aturan hingga rentan untuk melakukan tindakan kriminal dan kekerasan.

Baca juga:  Disini Tempatnya, Contoh Kata Sambutan Tuan Rumah yang Simpel

Penyebab Psikopat masih belum bisa dipastikan dengan jelas, karena ada banyak sekali teori yang telah ditemukan oleh peneliti untuk mengindentifikasi gejala Psikopat. Sebut saja teori kelainan struktural otak yang dapat menyebabkan seseorang mejadi Psikopat, hingga gangguan metabolisme Serotonin yang menyebabkan seseorang menjadi Psikopat.

Jenis-Jenis Psikopat

Berasarkan pengertiannya. teryata Psikopat masih diklasifikasikan berdasarkan 4 jenis sebagaimana ulasan berikut ini ;

  • Primary Psychopath, jenis Psikopat ini dapat dikenali melalui ciri dimana penderitanya cenderung abai dengan segala bentuk hukuman maupun hinaan. Orang yang menderita Primary Psychopath tidak peduli dengan tekanan, namun masih hidup dalam kesadaran penuh. Contohnya, masih bisa memahamis setiap kata dalam proses komunikasi, serta menyadari berbagai kegiatan yang pernah dan sedang dilakukannya.
  • Secondary Psychopath, Jenis Psikopat yang satu ini yakni, penderitanya sangat mudah dihinggapi rasa cemas, mudah tertekan dan merasa bersalah. Namun, penderita Secondary Psychopath ini sangat berani dalam mengambil resiko atas perbuatan yang dilakukannya.
Baca juga:  Bisa Menyehatkan Tubuh, Ini Materi Senam Lantai yang Wajib Dicoba
 Apa itu Psikopat
sumber gambar ” unsplash.com
  • Distempered Psychopath, penderita Psikopat jenis ini cirinya yakni sangat mudah marah seperti pengidap Epilepsi. Penderita Psikopat jenis ini memiliki kerentanan untuk menggunakan obat-obatan, hingga tindakan pemerkosaan dan pembunuhan.
  • Charismatic Psychopath, Jenis Psikopat yang satu ini bisa dikenali dari ciri penderitanya yang gemar berbohong. Suka berpenampilan menarik untuk menarik simpati orang lain, namun bisa sangat berbahaya bila sudah masuk dalam perangkap manipulasinya.

Contoh Psikopat

  • Seseorang yang gemar memukuli dan menyiksa hewan peliharaan.
  • Seseoramg yang gemar menyakiti orang lain tanpa sebab dan alasan yang jelas.

Sumber referensi : https://www.fimela.com/lifestyle/read/4731889/penyebab-psikopat-yang-harus-diwaspadai-sedini-mungkin