Wajib Diketahui, Kumpulan Do’a untuk Orang yang Sudah Meninggal

Do'a untuk orang yang sudah meninggal
sumber gambar ; unsplash,com

OMTELOLET – Kumpulan do’a untuk orang yang sudah meninggal haruslah wajib dipahami dan dihafal oleh setiap orang. Terlebih, hal itu sangatlah bermanfaat dalam mendoakan saudara atau anggota keluarga yang telah meninggal dunia.

Kematian sendiri merupakan hal yang pasti akan terjadi pada setiap manusia yang bernyawa. Sehingga, orang perlu mempelajari kumpulan do’a untuk orang yang sudah meninggal.

Do’a untuk Orang Meninggal laki-laki

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًاخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Baca juga:  Berhasil Turunkan Berat Badan sampai 32 Kg, Intip Tips yang Dilakukan Ed Sheeran

Artinya: “Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran.  dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan dari siksa api neraka.

Kumpulan do'a untuk orang yang sudah meninggal
sumber gambar ; unsplash,com

Do’a untuk Orang Meninggal Perempuan

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَها وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا، وَأَكْرِمْ نُزُلَهَا، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهَا، وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهَا مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ. وَأَبْدِلْهَا دَارًا خَيِرًا مِنْ دَارِهَا، وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهَا وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا، وَأَدْخِلْهَا الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Baca juga:  Sudah Tau Belum Tata Cara Mandi Junub Bagi Wanita Menurut Islam? Simak Nih

Artinya: “Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk. dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran. dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya. dan keluarga yang lebih baik dari yang ditinggalkan. serta suami yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga. dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan dari siksa api neraka.

Do’a untuk Orang Tua yang Meninggal

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Baca juga:  Seni Budaya Menggambar Model yang Harus Kamu Tahu

Artinya: “Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.

 

Sumber referensi ; https://www.popbela.com/relationship/single/dinalathifa/doa-untuk-orang-yang-sudah-meninggal/5