Viral! Penampakan Harimau Jawa yang Dinyatakan Punah Puluhan Tahun Lalu

Sumber: mongabay.co.id

Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica) merupakan salah satu fauna yang telah dinyatakan musnah puluhan tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1980-an. Hal tersebut secara resmi diumumkan oleh International Union for Conservation Nature.

Harimau Jawa sendiri terakhir terlihat di Taman Nasional Meru Betiri, Jawa Timur, pada tahun 1976. Namun, baru-baru ini jagad maya dihebohkan dengan unggahan foto keberadaan harimau Jawa di sosial media. Foto tersebut diunggah oleh sebuah akun instagram @sutarwinarno pada Minggu (10/2) lalu.

“Penampakan harimau jawa alias Panthera tigris sondaica di salah satu kawasan hutan di wilayah Temanggung yang difoto oleh salah seorang penduduk, baru-baru ini saja. Hal ini mengindikasi bahwa harimau loreng Jawa belum punah di Jawa,” tulis akun tersebut pada unggahan foto tersebut.

Baca juga:  Heboh! Poster Lady Gaga Gelar Konser di Sumedang Viral di Media Sosial
Sumber: mongabay.co.id

Foto yang diklaim sebagai penampakan harimau jawa tersebut kabarnya berada di Banjarnegara, Jawa Tengah. Unggahan tersebut hingga kini masih diperdebatkan oleh warganet. Pasalnya, dalam postingan tersebut terlihat keberadaan dua ekor anakan harimau jawa yang kabarnya lahir di Dukuh Kemojing Karangnangka, Desa Lebakwangi, Kecamatan Pagedongan, Kabupaten Banjarnegara.

Menanggapi foto yang beredar tersebut, Kepala Resort Konservasi Balai Knservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Jateng wilayah Wonosobo, Adi Antoro, memberikan klarifikasi.

“Kami melakukan penelusuran dan langsung datang ke lapangan. Kami menelusuri, apakah benar ada warga yang mengamankan dua ekor harimau tersebut. Ternyata tidak ada sama sekali. Mungkin saja itu hanya iseng,” kata Adi, Kamis (17/2), melansir mongabay.co.id.

Baca juga:  Heboh Disebut Bakal Dilantik Jadi Wamen, Saras Ngaku Hari Ini Sibuk Urus Anak

Adi mengatakan bahwa lokasi tepatnya adalah di wilayah Candiroto yang merupakan lereng Gunung Sindoro. Lokasinya jauh dari hutan. Dari informasi itulah, pihaknya memastikan klaim foto harimau jawa tersebut tidaklah benar.

“Terkait dengan isu-isu semacam ini, kami, BKSDA harus benar-benar hati-hati dan cermat. Kami perlu memverifikasi informasi dan melakukan pengecekan serta pembuktian secara benar,” tegasnya.
Sumber: mongabay.co.id