Viral Minum Oralit Saat Sahur Agar Tak Cepat Lapar, Amankah?

Sumber: health.detik

OMTELOLET – Manfaat minum oralit saat puasa dengan beragam testimoni baru-baru ini menjadi viral di media sosial. Hal tersebut berawal dari sebuah postingan yang mengaku tidak seperti puasa setelah minum oralit saat sahur. Testimoni senada turut membanjiri kolom komentar unggahan tersebut. Namun, sebenarnya amankah konsumsi oralit saat sahur tersebut?

“Oralit itu kan sebenernya, isinya kan air yang ditambahkan dengan garam dan gula dalam jumlah tertentu. Nah, garam dan gula itu mengandung glukosa, natrium, ada kaliumnya juga. Jadi, intinya, adalah air dengan kandungan gula dan elektrolit,” kata dr Karin Wiradarma, MGizi, SpGK, spesialis gizi klinik dari Ambrosia Klinik dan Estetik menjelaskan, dikutip dari detikcom Rabu (6/4/2022).

Baca juga:  Heboh YouTube Persib TV Diretas, Bobotoh Ungkap Sedih dan Gelisah Jelang Piala Presiden 2022

Kemudian dr Karin menjelaskan bahwa dengan adanya kandungan elektrolit tersebut, pengosongan lambung akan lebih lama dibandingkan dengan mengonsumsi air putih biasa. Di mana kita tahu bahwa pengosongan lambung yang cepat tentu dapat membuat seseorang menjadi lebih mudah lapar.

“Jadi, dengan adanya elektrolit yang sudah kita konsumsi sebelum kita berpuasa seharian, sampai sore nanti buka lagi, itu juga membantu fungsi organ-organ tubuh. Jadinya, juga, mungkin, bisa lebih seger, lebih nggak gampang capek, nggak gampang lemes,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan tak ada masalah jika seseorang mengonsumsi oralit saat sahur. Meski demikian, ia menuturkan agar tetap menjaga takarannya, sehingga tiak berlebih. dr Karin juga mewanti-wanti pengidap penyakit maag agar berhati-hati jika mengonsumsi oralit.

Baca juga:  Heboh Pembakaran Alquran di Swedia, Dikecam MUI

Senada dengan dr Karin, dr Diana F Suganda, MKes, SpGK, Spesialis Gizi Klinik, juga mengatakan bahwa oralit aman saja jika dikonsumsi saat sahur. Ia juga menambahkan bahwa tujuan oralit adalah untuk mengganti cairan yang hilang dan tidak dapat menahan lapar.

“Apakah aman [oralit] dikonsumsi saat sahur? Ya, boleh aja. Nggak apa-apa untuk nambahin cairan sih boleh karena kan tetap kita campurkan dengan air toh pada saat bikin oralit, Nah, intinya, sebenernya kebutuhan cairan kita harus cukup dan asupan makan juga harus cukup,” ujar dr Diana.

Meski demikian, ada juga dokter yang tidak menyarankan konsumsi oralit saat sahur. Salah satunya adalah dr Aru Ariadno, Sp.PD KGEH dari RS Brawijaya Depok. Ia menginstruksi agar mengonsumsi oralit bila perlu dan atas indikasi saja.

Baca juga:  Heboh 'Mokel Saat Ramadahan', Apa Itu Mokel?

Sebagai informasi, tujuan utama oralit adalah menggantikan cairan yang hilang bukan penahan lapar.
Sumber: health.detik