Viral! Mahasiswi Berhijab Dicemooh Massa Hindu di Sebuah Kampus India

Sebuah video viral datang dari kompleks perguruan tinggi di Karnataka, India. Dalam video tersebut terlihat seorang mahasiswi muslim berhijab yang dicemooh massa. Seragan itu direkam oleh seseorang dan hingga kini videonya viral di media sosial sejak Selasa, (8/2).

Fenomena tersebut memicu kemarahan para kritikus. Apalagi saat ini tengah meningkat protes atas larangan hijab di negara bagian selatan India tersebut.

See the source image
Sumber: sinpo.id

Dalam video tersebut, sesampainya ia dikampus, mahasiswi bernama Muskan Khan tiba-tiba dikelilingi banyak pria yang mengenakan syal warna kunyit.  Menurut mahasiswi tersebut, sebagian besar massa yang mengepungnya itu adalah orang luar kampus.

Larangan jilbab telah membuat para pelajar dan mahasiswi Muslim di wilayah itu marah. Mereka mengatakan itu adalah serangan terhadap keyakinan mereka yang diabadikan dalam konstitusi sekuler India.

Baca juga:  Simak Profil Buya Syafii Maarif: Riwayat Pendidikan dan Kiprahnya

Sementara kelompok sayap kanan Hindu telah mencoba untuk mencegah para wanita Muslim memasuki lembaga pendidikan yang menyebabkan ketegangan komunal.

“Saya ke sana hanya untuk menyerahkan tugas; makanya saya masuk kuliah. Mereka tidak mengizinkan saya masuk ke dalam hanya karena saya mengenakan hijab,” kata Khan kepada saluran berita NDTV India, yang dilansir Rabu (9/2/2022).

“Setelah itu, mereka mulai meneriakkan slogan ‘Jai Shri Ram [SalamDewa Rama]. Kemudian saya mulai berteriak ‘Allahu Akbar Tuhan Maha Besar,” katanya, seraya menambahkan bahwa dia akan terus memperjuangkan haknya untuk berhijab.

“Sepuluh persen dari pengunjuk rasa berasal dari kampus tetapi sisanya adalah orang luar,” kata Khan.

Sumber: international.sindonews