Viral! Mahasiswa Satu Kelas Serentak Memarahi Dosennya Via Zoom, Endingnya Mengagetkan

Sumber: zonamahasiswa.id

Baru-baru ini viral ssebuah video yang memperlihatkan mahasiswa satu kelas memarahi dosennya saat melakukan pembelajaran online. Mereka mencecar pertanyaan saat kuliah berlangsung melalui Zoom meeting.

Momen tersebut dibagikan oleh sang dosen dalam akun TikTok pribadinya, yakni @kamupuisi.

“Dimarahi mahasiswa. Lihat endingnya,” tuis dosen pada caption unggahan tersebut.

Dalam video viral tersebut, sang dosen terlihat panik dan terkejut ketika seluruh mahasiswa memarahinya. Awalnya, tampak seorang mahasiswa mendadak protes karena tidak mengerti dengan cara mengajarnya.

“Dengan segala hormat, kami semua tidak mengerti karena ibu,” kata seorang mahasiswa.

“Maksudnya gak ngerti apa, sih?” tanya sang dosen.

Kemudian, beberapa mahasiswi buka suara terkait pertanyaan temannya tadi. Mereka membeberikan pokok permasalahannya.

“Bunda itu kalau misalnya ada kelas gitu ya, jam 11. Sudah ditunggu-tungguin sama mahasiswa gak dateng,” ungkap seorang mahasiswi.

Lalu, dosen yang dipanggil “bunda” oleh mahasiswanya pun mendapat kritikan jika tidak memberikan jadwal pasti terkait jam perkuliahan. Sehingga, mereka kerap menunggu ketidakpastian setiap mata kualiah dosen itu.

Baca juga:  Heboh! Ayu Kartika Stafsus Jokowi Nikah Beda Agama, Begini Serba-Serbi Akad Nikah dan Pemberkatannya

“Terus gak ada kabar, kita kan online. Jadi kan seharusnya saling mengabari gitu, bund. Komunikasi. Kalau kita misalnya nunggu-nunggu terus, kan enggak semua orang bisa stand by di depan gadget-nya bunda,” tambahnya.

Sumber: zonamahasiswa.id

Sontak beliau kaget mendengar protesan tersebut. Berusaha menjelaskan, namun mahasiswanya terus mencecar. Setelah itu, menyuruh mereka untuk bersikap lebih sopan dalam menyampaikan keluh-kesahnya.

“Iya tapi kan saya berusaha untuk…, Anda bisa sopan enggak dengan saya? Anda bisa ngomong lebih sopan enggak dengan saya?” kata sang dosen.

“Mohon maaf bun, kita tahu bunda dosen. Kita butuh bunda. Tapi ayolah jangan ganti-ganti jam kuliah seenaknya. Karena kita kuliah bukan cuma mata kuliah bunda aja,” kritik mahasiswi ini.

“Saya enggak pernah seenaknya lho. Saya enggak pernah seenaknya lho,” bela sang dosen.

Tapi, tetap saja jawaban dosen itu membuat suasana kuliah online semakin memanas.

“Misal kelas mundur 1 jam, kita sudah ikutin, semuanya sudah gabung, tapi cuma karena satu dua mahasiswa tidak gabung lalu kelas dibatalkan. Bunda bilang, kita tidak menghargai bunda. Bunda yang tidak menghargai kita,” tambah seorang mahasiswi.

Baca juga:  'Lebaran Kuda' Trending di Twitter, Apa Maknanya?

Akan tetapi, bukannya mereda. Mahasiswa lainnya langsung memberikan kata-kata menohok. Mereka menyebut jika mahasiswa juga memiliki kesibukan lain, jadi dosen jangan seenaknya sendiri.
Dosen itu mulai emosi melihat seluruh mahasiswa terkesan mengeroyoknya, menuduh, dan melawan.

“Ya kenapa kalian semua ngeroyok saya sih? Heh Adinda, kamu jangan sembarangan ya sama saya. Saya gak pernah bilang orang lagi malas gitu. Kalian itu kenapa sih tiba-tiba semua pada ngelawan saya?” kata beliau.

“Berapa kali bunda, saat kita melakukan kesalahan sedikit tapi bunda langsung marah. Tapi ketika bunda melakukan kesalahan, apakah kita langsung marah? Tapi yang ini sudah keterlaluan bunda. Kita juga mahasiswa sudah berusaha sebaik-baiknya,” balas mahasiswi.

Tak kehabisan akal, dosen Prodi Sastra Indonesia itu menanyakan kemauan para mahasiswanya.

Baca juga:  Drakor Terbaru Forecasting Love and Weather Bikin Heboh, Song Kang & Park Min Young Lakukan Adegan 18+

“Gak ngerti, gak ngerti. Saya enggak ngerti maksud Anda. Saya enggak ngerti maksud Anda semua. Ini kita mau belajar apa enggak sebenernya?” tanya dosen ini emosi.

“Intinya kami lelah dengan bunda,” jawab mahasiswa.

“Kalau kalian emang gak mau belajar sama saya, ya udah. Tapi intinya gak perlu seperti ini. Tepuk tangan buat teman-teman,” pungkas sang dosen.

Namun, saat situasi memanas tiba-tiba mereka semua tertawa sambil bertepuk tangan. Demikian pula dengan sang dosen yang tertawa bangga melihat mahasiswanya.

“Prodi Sastra Indonesia, mata kuliah drama. Saya beri mahasiswa ruang ekspresi, ngeluarin unek-unek untuk ‘oknum’ dosen. Bukan untuk saya ya. Semangat kuliah!” tulisnya di kolom komentar.

Hingga saat ini, video tersebut mendapatkan lebih dari 7 juta tayangan. Dosen tersebut mengungkapkan bangga terhadap mahasiswanya karena dapat menampilkan mimik wajah dengan berbagai ekspresi. Akibat unggahan tersebut banyak warganet yang mengaku terkena prank.
Sumber: zonamahasiswa.id