Viral! LPDP Disebut Pernah Dikuasai Tarbiyah, Ini Klarifikasinya

Sumber: bicaraberita.com

Akhir-akhir ini sebuah video yang menyebut bahwa LPDP pernah dikuasai Kaum Tarbiyah menjadi sorotan netizen di media sosial Twitter. Video yang menghebohkan warganet tersebut diviralkan oleh akun Twitter @ShamsiAli2 yang menyebutnya sebagai konten misleading pada keterangan unggahannya.

Dalam video yang diunggahnya tersebut, terdapat seorang perempuan yang mengungkapkan konsep dasar LPDP. Perempuan tersebut menjelaskan bahwa LPDP adalah beasiswa untuk kaum muda dan pinter.

“Mereka (Awardee) dikirim ke Universitas top dunia,” ujar perempuan dalam video tersebut.

Selanjutnya, ia menjelaskan, LPDP per tahun mengeluarkan dana yang sangat besar hingga 70 triliun rupiah. Tak hanya sampai di situ, perempuan dalam video itu juga menyebutkan bahwa LPDP merupakan lembaga yang berasal dari kaum Tarbiyah di masa lalu.

Baca juga:  Inilah Sosok Purwadi, Pemeran Rita Warintil di Kontrakan Rempong yang Meninggal Dunia

“Itu tuh… mereka yang apa-apa agama.. apa-apa agama. Jadi banyak yang dikirim bukan siswa yang terbaik, tapi yang dianggap soleh dan beriman,” lanjutnya dalam satu konten video yang sama.

Ujaran dengan kalimat itulah yang kemudian menjadi problematik dan banyak dipersoalkan oleh warganet. Sebab, kalimat tersebut dianggap menyesatkan dan dapat merusak nama baik LPDP.

“Ada yang bisa klarifikasi tentang LPDP ini? Setahu saya program ini terbuka tanpa ada sekat….video ini bisa misleading!” tulis @ShamsiAli2 dalam akun Twitternya, Sabtu (19/2).
Berdasarkan cuitan tersebut, akun resmi LPDP RI sontak menanggapi apa yang sebenarnya terjadi dengan LPDP di masa lalu. Pihak LPDP menyebutkan bahwa apa yang ada dalam video adalah hal yang TIDAK BENAR.

Baca juga:  Viral! Video Remaja 154Kg Jatuh Bebas dari Wahana Bermain, Sabuk Pengaman Tak Berfungsi

“PENGUMUMAN. Selamat Sabtu Pagi #LPDPrens, Terkait isu LPDP ‘pernah’ dikuasai dan hanya mengutamakan golongan tertentu seperti dalam video tersebut tentu TIDAK BENAR.”

Viral! Disebut Pernah Dikuasai Tarbiyah, Begini Klarifikasi dari LPDP

Dalam threadnya, LPDP menjelaskan bahwa pelaksana proses seleksi murni dengan menggunakan syarat administrasi, sistem penilaian potensi akademik yang jelas dan terukur, lalu proses terakhir adalah wawancara yang melibatkan pihak ketiga dari akademisi di luar LPDP.

Dwi Larso, selaku Direktur Beasiswa LPDP juga menjelaskan bahwa LPDP menjunjung toleransi serta tidak berdasarkan atas pihak-pihak tertentu. Lebih dari 29.000 orang yang menerima beasiswa ini yang juga menyebutkan bahwa LPDP menerapkan seleksi dan penilaian yang menyeluruh pada semua golongan.

Isu ini semakin ramai dan berkembang karena pada saat yang sama, LPDP mulai meresmikan pendaftaran gelombang pertama pada tanggal 25 Februari 2022 melalui beasiswalpdp.kemenkeu.go.id.

Baca juga:  Geng Dokter Pamer Foto Reuni, Penggemar Duga Ada Hospital Playlist 3

Banyak pengguna Twitter yang juga tidak menyetujui isi video tersebut karena cenderung menimbulkan pro kontra antarkaum di Indonesia.

“Sudah sepantasnya pembuat dan artis yang muncul itu dicari dan dimintai pertanggungjawabannya secara hukum, bukan dibiarkan.” ujar salah satu akun di Twitter.
Tidak hanya itu, penerima beasiswa LPDP ini juga memberikan tanggapan berupa testimoni yang terbukti adanya.

“Saya alumni penerima Beasiswa LPDP menyaksikan bahwa proses seleksi administrasi sampai akhir sudah sangat objektif dan transparan. Buktinya seangkatan saya ada banyak yang nonmuslim dan mereka keterima di USA, Harvard, dan Oxford. Jadi masalahnya di mana?” tambah akun lainnya yang juga ikut menanggapi video.
Sumber: zonamahasiswa.id