Viral di TikTok ASI Berubah Jadi Warna Biru, Ini Penyebabnya

Sumber: popmama

Baru-baru ini sebuah video yang menunjukkan seorang ibu mengeluarkan ASI berwarna biru viral di TikTok. Hal tersebut tentu membuat netizen bertanya-tanya. Lantas, hal apa yang menyebabkan ASI berubah menjadi warna biru?

Video mengenai ASI berwarna biru tersebut pada mulanya diunggah oleh akun TikTok @carinanatalie0 pada bulan Maret lalu, akan tetapi baru viral saat ini. Pemilik akun tersebut diketahui merupakan seorang ibu yang baru saja melahirkan.

Dalam unggahan tersebut dijelaskan bahwa ia menduga ASI-nya berubah menjadi warna biru lantaran sang anak sedang jatuh sakit.

“ASI saya menjadi biru karena anak saya sakit. Jadi tubuh memproduksi antibodi untuk melawan penyakit. Tubuh manusia memang sangat menakjubkan ya?,” tulis Carina dalam video tersebut.

Baca juga:  Heboh, Beredar Video Tragis Pengguna Motor Lindas Seorang Warga di Bandung

Barangkali kebanyakan orang mengira bahwa warna ASI sama seperti susu formula atau susu sapi pada umumnya, sehingga tak banyak yang menyadari terdapat perbedaan warna pada ASI. Sebab, faktanya memang warna ASI sangat berfariasi. Salah satunya adalah warna biru.

Ada banyak faktor yang jadi penyebab perubahan warna ASI, diantaranya makanan yang dikonsumsi, penggunaan obat atau vitamin, hingga masalah di payudara. Dilansir dari Healthline, ASI berubah warna menjadi biru adalah hal yang normal terjadi dan tidak perlu dikhawatirkan.

Warna kebiruan lebih sering terlihat pada awal Mama menyusui atau memompa ASI. Biasanya warna ini muncul disebabkan karena ASI mengandung lebih sedikit lemak dan lebih banyak elektrolit, dengan tekstur yang lebih encer.

Baca juga:  Intip 6 Daftar Musisi yang Pernah Diproduseri Suga BTS, Ada PSY hingga IU

Nantinya menjelang sesi akhir menyusui atau memompa ASI, warnanya akan berubah menjadi putih atau kekuningan Ma. Karena ASI yang dikeluarkan mengandung lebih banyak lemak dan teksturnya menjadi lebih kental.
menurut Healthline, ada beberapa faktor yang paling sering berkontribusi terhadap perubahan warna ASI, diataranya:

1. Mengonsumsi makanan dengan pewarna buatan.
2. Mengonsumsi makanan yang kaya beta karoten, contohnya wortel.
3. Mengonsumsi sayuran hijau.
4. Minum minuman berwarna atau bersoda.
5. Mengonsumsi obat atau vitamin tertentu.
6. Mengalami puting pecah-pecah.
7. Adanya masalah di payudara seperti pecahnya pembuluh darah kapiler, infeksi, atau kanker payudara.
8. ASI mengalami proses pembekuan.
Sumber: popmama