Video Pria Rayakan Tedak Siten untuk kucing Kental Nuansa Adat Jawa Viral

Belakangan ini, bayi kucing bernama Devon viral di jagad media sosial. Hal itu disebabkan oleh munculnya sebuah video yang menampilkan acara Tedak Siten yang kental akan nuansa Adat Jawa.

“Prosesi tedak siten (menginjakkan kaki ke tanah) baby cat Devon,” tulis Rio dalam video yang diunggah melalui akun @riomaryono di media sosial TikTok pada Minggu, (6/2).

See the source image
Sumber: cdn1.production

Tedak Siten sendiri merupakan upacara adat Jawa yang dilakukan untuk bayi berusia tujuh atau delapan bulan. Hal itu menjadi berbeda pada video yang viral tersebut. Sebab, upacara tersebut justru dilakukan untuk bayi kucing.

Uniknya, upacara Tedak Siten yang digelar untuk bayi kucing ini tertata begitu rapi. Bahkan, seluruh anggota keluarga yag mengikuti upacara pun terlihat mengenakan baju tradisional Jawa.

Baca juga:  Sudahkah Nonton Film Hari Ini? Cek 6 Deretan Film dan Drakor yang Tayang pada Bulan Februari di VIU

Dalam video tersebut, diawali dengan Devon yang ditempatkan di atas bantal dibawa oleh pria keluar dari pintu rumahnya menuju halaman.

“Tujuan tedak siten supaya Devon bisa melewati semua fase kehidupan dengan bagus dan lancar. Dengan menu utama jadah wajik, nasi gurih lengkap dengan ayam goreng, ati, mi, buah, jajan pasar,” kata Rio.

Saat prosesi beralih untuk memasuki kandang ayam, pihak keluarga juga menyiapkan uang, makanan kucing, vitamin, dan berbagai mainan. Devon pun memilih uang lewat cakarannya.

“Minta doanya teman-teman. Semoga Dede Devon cepat besar, sehat selalu, lincah, nurut, dan berumur panjang,” ujar Rio.

Terkait hal tersebut, Health Liputan6.com menghubungi Ketua Program Studi Sastra Jawa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesa Dr. Ari Prasetiyo, S.S., M.Si.

Baca juga:  Heboh, Bocah 13 Tahun Dipaksa Menikah dengan Pria 48 Tahun, Terungkap Fakta Mengejutkan

Ia mengatakan bahwa ia kembali pada maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut.

“Selama itu untuk kebaikan, kenapa tidak? Kita melakukan sesatu yang di dalamnya terkandung doa dan harapan untuk sesuatu yang sangat kita sayangi,” Ujar Ari, Selasa (8/2).