Unsur-unsur Pementasan Drama

Sumber : gramedia.com

Drama adalah karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog dan dipertunjukkan di depan banyak orang. Pada umumnya drama dapat dipertunjukkan dalam berbagai bentuk seperti pementasan teater, sandiwara, lenong, film, sinetron, dan lain-lain. Sedangkan, pementasan drama adalah bentuk kesenian yang kompleks, di mana pementasan drama memiliki unsur-unsur yang saling berkaitan. Lalu apa saja sih unsur-unsur pementasan drama? Dalam pementasan drama setidaknya akan memerlukan naskah, pemain, sutradara, tata rias, tata busana, tata lampu, tata panggung, tata suara dan penonton. Apabila salah satu dari unsur tidak terpenuhi, maka drama dianggap kurang solid. 

Berikut ini penjelasan tentang unsur-unsur pementasan drama yang wajib antara lain :

1. Naskah

Naskah drama adalah teks yang berisikan cerita atau lakon. Pada naskah drama juga tertera nama-nama tokoh, peran yang diperankan oleh tokoh, dialog yang diucapkan, dan keadaan panggung selama pementasan berlangsung. Dan untuk mempermudah para tokoh, maka naskah drama ditulis selengkap-lengkapnya yang disertai dengan keterangan dan petunjuk seperti gerakan-gerakan yang harus dilakukan tokoh, tempat terjadinya peristiwa, perlengkapan logistik yang dibutuhkan setiap babak dan keadaan panggung di setiap babak.

Baca juga:  Apa itu Cumlaude dalam Kuliah? Pengertian dan Cara Lulus Meraihnya
Sumber : wikipedia.org

2. Pemain

Pemain adalah orang yang memerankan peran dalam cerita, atau yang kita kenal sebagai aktor. Pada umumnya dalam pemain yang dibutuhkan dalam pementasan drama disesuaikan dengan banyaknya tokoh dalam naskah. Maka dari itu, agar pemain berhasil memerankan tokoh dalam pementasan, pemain dipilih secara tepat sesuai dengan peran yang dibutuhkan.

3. Sutradara

Sutradara adalah orang yang memimpin dalam pementasan drama. Sebagai pemimpin, sutradara mempunyai tugas yang kompleks dan cukup berat, seperti memilih naskah, melakukan penafsiran naskah, memilih dan melatih pemain, dan mengkoordinasikan setiap bagian. Meskipun demikian, tugas sutradara harus dilakukan dengan cermat. Ini karena dapat menentukan sukses tidaknya suatu pementasan drama.

4. Tata Rias

Tata rias merupakan bagian dalam pementasan yang bertugas untuk membuat make up pada para pemain. Seseorang yang bertugas sebagai penata rias harus memiliki teknik dasar dalam merias. Selain itu, penata rias juga harus terampil dan cekatan.

Baca juga:  3 Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

5. Tata Busana

Tata busana merupakan bagian yang mengatur pakaian yang dikenakan pemain dalam pementasan, seperti bahan, model dan cara mengenakannya. Tata busana dan tata rias memiliki hubungan yang erat, sehingga tidak jarang tugas tata busana dirangkap langsung oleh penata rias. Namun, juga perlu diperhatikan bahwa penata rias dan penata busana memiliki tanggung jawab yang berbeda, dan keduanya harus bekerja sama saling menyesuaikan dan saling membantu agar hasilnya maksimal.

6. Tata Panggung

Tata panggung adalah keadaan panggung yang dibutuhkan ketika pementasan drama dan orang yang bertugas menata panggung disebut penata panggung, di mana pada umumnya penata panggung terdiri dari tim. Hal ini dilakukan agar dapat mengubah keadaan panggung dengan cepat.

7. Tata Lampu

Tata lampu adalah bagian yang bertugas dalam pengaturan cahaya atau lighting dalam panggung. Tata lampu berkaitan erat dengan tata panggung. Hal ini karena dalam pengaturan cahaya harus disesuaikan dengan keadaan panggung yang dibutuhkan.

Baca juga:  Ini Dia 7 Kampus Swasta Terbaik di Indonesia 2022 versi Webometrics

8. Tata Suara

Tata suara adalah bagian yang mengatur musik pengiring dan pengeras suara (sound system). Bagian tata suara harus paham betul tentang alat musik yang  digunakan sesuai dengan suasana yang dibutuhkan, misalnya, pada pementasan drama kerajaan kolosal, maka dapat menggunakan musik iringan gamelan.

9. Penonton

Dari keseluruhan unsur pementasan drama, penonton adalah unsur terpenting dalam pementasan drama. hal ini karena tujuan dibuatnya pementasan drama adalah untuk penonton. Maka kesuksesan pementasan drama dapat dilihat dari euforia atau respon para penonton yang menyaksikannya.

Itulah penjelasan tentang unsur-unsur pementasan drama yang perlu kamu tahu dan semoga dengan adanya tulisan ini bisa menambah wawasanmu, ya !

Sumber Tulisan :

https://ilmuseni.com/seni-pertunjukan/seni-drama/unsur-unsur-pementasan-drama