Ujian Mandiri adalah Apa?

Foto oleh Jeswin Thomas dari Pexels

Pernahkah kamu mendengar tentang masuk perguruan tinggi lewat jalur mandiri? Seleksi Mandiri atau Ujian Mandiri adalah salah satu jalur untuk masuk ke jenjang perguruan tinggi. Sebagian besar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) membuka penerimaan jalur mandiri.

Dilansir dari Wikipedia, Jalur Mandiri atau yang juga dikenal dengan sebutan Ujian Mandiri adalah istilah yang digunakan masyarakat untuk menyebut sistem penerimaan mahasiswa baru (PMB) atau (PBM Premium) yang dilakukan oleh perguruan tinggi negeri. Seleksi ini digelar secara mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Universitas yang Membuka Seleksi Jalur Mandiri

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa universitas yang membuka seleksi jalur mandiri. Tentunya ada banyak universitas yang membuka seleksi jalur mandiri, salah satunya sebagai berikut ini:

Baca juga:  Mempelajari Apa itu Globalisasi? Pengertian, Jenis dan Contohnya

1.Universitas Indonesia (UI)

Siapa yang tidak kenal Universitas Indonesia? Kampus yang satu ini dikenal sebagai salah satu Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia. Jika kamu tidak lolos UTBK-SBMPTN 2022 di Universitas Indonesia, maka tidak perlu khawatir. Hal ini karena Universitas Indonesia telah membuka jalur mandiri melalui Seleksi Masuk UI (SIMAK UI).

SIMAK UI merupakan ujian seleksi bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di Universitas Indonesia. Ada beberapa program yang dibuka pada SIMAK UI. Ini termasuk Program Sarjana Reguler, Vokasi (D3 dan D4), Sarjana Ekstensi/Paralel, dan Sarjana Kelas Paralel untuk lulusan D3, Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor.

2.Institut Teknologi Bandung (ITB)

Jalur Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) adalah ujian seleksi bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di Institut Teknologi Bandung. Lewat jalur seleksi mandiri di ITB ini, lulusan SMA memiliki kesempatan lebih luas untuk mengikuti pendidikan program sarjana di Institut Teknologi Bandung.

Baca juga:  Review Program Sprinter English Academy

SM-ITB diprogramkan sebagai jalur penerimaan mahasiswa program sarjana yang akan berjalan tanpa subsidi biaya. Meski begitu, jalur penerimaan SM-ITB juga dapat menerima mahasiswa kurang mampu yang memiliki KIP-K atau kemampuan ekonomi setara dengan kriteria syarat KIP-K.

3.Institut Pertanian Bogor (IPB)

Selanjutnya, kampus yang membuka Ujian Mandiri adalah Institut Pertanian Bogor. IPB memiliki beberapa jalur seleksi mandiri, salah satunya Seleksi Masuk IPB (SM-IPB). SM-IPB merupakan salah satu penerimaan mahasiswa program sarjana IPB jalur mandiri yang mulai dilaksanakan sejak tahun 2019.

4.Universitas Padjadjaran (Unpad)

Sejak tahun 2019, Universitas Padjadjaran (Unpad) membuka pendaftaran jalur mandiri. Program Sarjana Jalur Mandiri dari Unpad dapat diikuti oleh semua WNI yang lulus pada pendidikan setingkat Sekolah Menengah Atas, dengan tidak harus terdaftar sebelumnya sebagai peserta SNMPTN maupun SBMPTN.

Baca juga:  Apa Itu Teks Fiksi? Temukan Pengertian, Ciri, dan Unsurnya

Nah, itulah penjelasan singkat tentang Ujian Mandiri adalah dan apa saja universitas yang membuka jalur mandiri. Jika kamu ingin tahu lebih banyak universitas yang membuka jalur mandiri, kamu bisa melihat informasi selengkapnya di internet.