Ini Dia Ucapan Syukur Pidato yang Mudah

Sumber : darus.id

Ucapan Syukur adalah salah satu kalimat yang setiap hari kita ucapkan atas nikmat hidup yang dijalani. Salah satu ucapan syukur yang sering kita dengar adalah pada saat pidato. Pastinya kalian sudah pernah mendapatkan tugas membuat pidato kan, oleh karena itu ulasan kali ini adalah tentang ucapan syukur pidato. 

Sebelum itu pengertian pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan khalayak ramai dalam menyampaikan pendapatnya, atau memberikan sebuah gambaran tentang sebuah hal. Umumnya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi dan pernyataan terkait hal-hal atau peristiwa penting serta patut untuk diperbincangkan. Ketika menulis pidato biasanya diawali dengan ucapan salam seperti Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, selamat pagi atau salam sejahtera tergantung pada situasi saat melakukan pidato. 

Kemudian diteruskan dengan pembacaan penghormatan kepada audience dimulai dari kedudukan tertinggi seperti kepala lembaga, maupun tokoh masyarakat hingga penghormatan kepada peserta pidato. Kemudian, dilanjutkan ucapan syukur seperti “Alhamdulillahi rabbil alamin Kita panjatkan syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat Iman, Islam, serta nikmat kesehatan atau bisa juga menambahkan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Berikut ini adalah beberapa contoh ucapan syukur pidato yang bisa kalian gunakan, antara lain : 

Baca juga:  Lulusan Teknik Komputer Jaringan Bisa Jadi Apa? Inilah 7 Prospek Kerja dengan Jumlah Gaji yang Besar

1. Ucapan syukur pidato 1

Selamat siang dan salam sejahtera untuk kita semua 

Pertama-tama saya ucapkan puji syukur kepada Tuhan atas kesempatan yang diberikan kepada Saya dan hadirin sekalian pada hari ini. Berdiri di sini, berhadapan dengan anda orang-orang hebat merupakan sebuah kehormatan bagi saya. Semoga Tuhan selalu memberikan keberkahan kepada anda semua yang sudah bersedia meluangkan waktunya untuk mendengarkan saya berbicara.

Hadirin yang terhormat,

Pada kesempatan kali ini, saya ingin menyampaikan sebuah pidato mengenai … (langsung isi pidato)

 

Sumber : materibindo.com

2. Ucapan syukur pidato 2

Assalammualaikum Wr. Wb.

Honorable ones; the juries, the participants of creative English speech contests and all audiences.

Baca juga:  Inilah 4 Manfaat Mengikuti Pelatihan, Ada Banyak Peluang Kerja!

Before I begin to deliver this speech, I would like to invite you to thank Allah the Almighty who has given us mercy and blessing, so we can meet together in this blessing place.

And also let’s deliver sholawat and salam to our prophet Muhammad SAW who has brought us from the darkness to the brightness.

3. Ucapan syukur Pidato 3

Assalammualaikum Wr. Wb.

Honorable, the principle of SMA 1

Unforgettable, all teachers and my friends in this best school, our SMA 1 we love.

Standing over here, I would like to give my greatest thanks to Allah the Almighty, who has been giving me and you all Mercies and Blessings without stopping day to day, hours to hours, even seconds to seconds.

Without those all, we will never be here to listen to my short but important speech. Then, Sholawat be to Muhammad, our messenger who has given us many teachings to live in this world and hereafter.

Baca juga:  Pilihan Cara Bayar Paket Brain Academy

4. Ucapan syukur pidato 4

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pertama dan yang paling utama sekali, marilah sama-sama kita panjatkan Puji serta syukur, atas kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua, sehingga kita masih diberi kesehatan dan kesempatan, untuk bisa berkumpul di Masjid Al-Ikhlas ini, dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kali yang kedua, tak lupanya juga kita untuk, mengirimkan shalawat serta salam, terhadap junjungan nabi besar Muhammad SAW, yang berupa do’a Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad, wa ‘ala ali sayyidina Muhammad.

Demikian ulasan tentang ucapan syukur pidato yang bisa kalian gunakan untuk mempersiapkan tugas pidato kalian, semoga bermanfaat. 

 

Sumber : 

  1. https://manjakan.com/pembukaan-pidato-bahasa-inggris/#!
  2. https://saintif.com/contoh-pembukaan-pidato/