Trik Membuat Catatan Aesthetic di Buku, Mudah dan Menarik!

Bagi seorang pelajar, mencatat tentu menjadi senjata yang dapat membuatnya mengingat kembali materi apa yang pernah dipelajari. Informasi yang diberikan saat belajar, mungkin akan terlupakan jika hanya mengandalkan ingatan saja. Supaya kamu tidak bosan membaca kembali catatan yang modelnya monoton, kamu bisa membuatnya menjadi lebih menyenangkan untuk dibaca.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat catatan aesthetic di buku. Bagaimana cara membuat catatan aesthetic di buku dengan mudah tapi menarik? Simak tips dan trik berikut ini:

1.Memilih Buku yang Menarik

Pemilihan buku menjadi salah satu trik membuat catatan aesthetic yang perlu kamu perhatikan. Buku yang digunakan dapat berbeda-beda sesuai kebutuhan. Kamu bisa memilih berdasarkan binding atau penjilidan buku sebab akan berpengaruh pada keawetan sebuah catatan. 

Baca juga:  Rekomendasi Cafe di Bandung yang Instagramable dan Asyik Buat Nongkrong

Misalnya memilih buku yang cover bukunya terbuat dari kertas karton tebal yang dilaminasi, buku catatan yang dijilid spiral jika ingin buku yang mudah dilipat, atau menggunakan binder jika kamu ingin buku yang dapat diisi ulang. 

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan ukuran buku sesuai yang kamu perlukan. Misalnya Jika kamu ingin buku catatan yang mudah dibawa kemana-mana, kamu bisa memilih yang ukurannya A5 atau A6. Perhatikan pula jenis kertas pada buku karena itu berpengaruh pada keestetikan catatan yang akan dihasilkan. 

2.Gunakan Berbagai Macam Warna Pulpen

Trik membuat catatan aesthetic selanjutnya adalah dengan menggunakan berbagai macam warna, tidak monoton dengan 1 warna. Komposisi warna sebuah catatan akan membuatnya terlihat indah dan tentu akan nyaman saat ingin dipelajari kembali.

Baca juga:  Temukan Disini, Teks Bacaan Doa Sesudah Sholat Dhuha

3.Tentukan Poin-Poin Apa Saja Yang Akan Dimasukkan Dalam Catatan

Sebelum kamu mulai membuat catatan, kamu bisa menentukan poin-poin apa saja yang kira-kira akan kamu masukkan, agar kamu bisa menyesuaikan tata letak dan dibagian mana nantinya kamu akan menulis poin tersebut. 

4.Tulis Judul dengan Gaya Menarik

Hal yang menjadi pusat perhatian pertama saat kita membaca kembali catatan yang dibuat adalah bagian judul. Buatlah judul dengan gaya menarik, misalnya gunakan highliter, buat ukurannya lebih besar, pilih lettering yang menarik dan gunakan beberapa paduan warna. 

5.Tambahkan Simbol Lucu Pada Catatan

Trik membuat catatan aesthetic selanjutnya adalah dengan menambahkan simbol lucu dan menarik pada catatan. Hal ini dapat membuat catatanmu lebih menarik dan indah dipandang. 

Baca juga:  Referensi Terbaik, Kata Kata Mutiara untuk MC Pernikahan

Itulah beberapa trik membuat catatan aesthetic yang dapat kamu ikuti jika ingin membuat catatan yang beda dan tidak monoton. Selamat mencoba!