Trending Topik di Twitter, Gempa Sukabumi, Depok, dan Bandung

Sumer: tirtoid

Wilayah Jakarta dan sekitarnya diguncang gempa dengan magnitudo 5,5 pagi tadi Rabu (16/03) pukul 10.00 WIB.
Terkait hal tersebut, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menginformasikan bahwa gempa tersebut berpusat di 113 km Tenggara Kota Sukabumi Jawa Barat. Lokasi tepat pusat gempa tersebut adalah 7.94 Lintang Selatan dan 106.94 Bujur Timur dengan kedalaman 10 Km.

BMKG menegaskan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami meski sempat meresahkan masyarakat dan menimbulkan kepanikan.

Sementara itu, hingga 10.20 WIB, ‘Gempa’ turut menjadi trending topik di Twitter hingga 37 ribu tweet yang mengandung kata gempa. Banyak warganet yang membagikan kisahnya saat terjadi gempa dan terasa hingga Jakarta. Tak sedikit pula yang membagikan video saat gempa pagi ini terjadi.

Baca juga:  Simak Syarat dan Aturan Lengkap Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh Terbaru

Adapun wilayah yang terdampak gempa tersebut dengan skala II-IV Modified Mercalli Intensity (MMI), antara lain: II Garut, III Cianjur, II-III Lebak Selatan, II Jakarta, II Banjar, II Bandung Barat, II Bekasi, III Bayah, III Panimbang, III Pandeglang, II-III Cilegon, II Tangerang Selatan, IV Pelabuhan Ratu, II-III Sukabumi.

Menurut BMKG skala Mercalli merupakan salah satu satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi, terutama jika tidak terdapat peralatan seismometer di tempat kejadian. Dalam skala II, getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang, sedangkan skala III, getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.
Sumber: tirtoid