Tips Mencari Tempat Magang yang Digaji

Foto oleh Anastasiya Gepp dari Pexels

Magang merupakan salah satu langkah awal bagi mahasiswa menuju dunia kerja. Selain untuk menambah keterampilan, biasanya mahasiswa juga mencari tempat magang yang memberikan gaji. Nah berikut tips untuk mencari tempat magang yang memberikan gaji.

Magang di Bidang yang Sesuai

Sebelum memutuskan tempat magang yang digaji akan lebih baik kamu tentukan dulu bidang yang sesuai dengan passion-mu. Jika kamu mahasiswa jurusan Sastra Indonesia, akan tetapi mengabil peminatan di dunia penerbitan, kamu bisa magang di penerbitan buku. Pengalaman dari magang ini akan sangat berguna untuk dimasukan ke dalam CV-mu.

Selain itu, magang di suatu bidang yang sesuai jurusan juga dapat digunakan untuk menguji kecocokan bidang itu denganmu. Jika kamu merasa nyaman bekerja di bidang tersebut selama magang, maka kamu dapat menekuninya untuk bekerja kemudian. Sehingga tidak akan ada resiko salah menentukan pekerjaan.

Setelah kamu memutuskan bidang yang akan ditekuni, kamu tinggal memutuskan tempat magang yang sesuai. Kamu dapat menanyakan referensi kepada dosen atau pun kakak tingkat yang sudah pernah magang. Kamu juga bisa memanfaatkan teknologi untuk mencari informasi tempat magang. Biasaanya lowongan tempat magang perusahaan besar ada di internet.

Baca juga:  Heboh Video Niko Al Hakim Peluk Mesra Rachel Vennya di Keramaian

Memanfaatkan Keterampilan yang Didapat

Foto stok gratis bekerja sama, budaya tim, diskusi
Foto oleh Moose Photos dari Pexels

Ketika hendak melakukan magang pasti tujuan utamamu adalah untuk mencari keterampilan baru yang tidak didapatkan di kampus. Sebelum melakukan magang, akan lebih baik mencari tahu keterampilan apa yang akan diajarkan di tempat magang. Sebab tidak semua tempat magang yang digaji menawarkan keterampilan yang sesuai.

Mungkin juga ada tempat magang yang sesuai dengan keterampilan yang ingin kita pelajari, akan tetapi gajinya sedikit atau bahkan tidak digaji. Oleh karena itu perlu mencari tahu banyak informasi sebelum memutuskan tempat magang. Sebab faktor-faktor tersebut harus kamu pertimbangan agar magangmu tidak sia-sia.

Kamu dapat mencari informasi terkait keterampilan ini dengan dua cara. Pertama kamu bisa bertanya pada kenalan yang pernah magang di sana. Kedua kamu bisa menanyakan langsung ketika proses interview magang.

Pilih Lokasi yang Efisien

Jarak lokasi magang dari tempat tinggalmu juga perlu dipertimbangkan. Sebab jika lokasinya jauh bahkan di luar kota, kamu harus mengeluarkan biaya hidup. Selain itu kamu juga harus mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan lokasi magang.

Namun jika kamu menemukan tempat magang dengan gaji tinggi dan sesuai dengan bidangmu, kamu bisa mencobanya. Gaji yang kamu peroleh dapat digunakan untuk menutup biaya hidup selama magang. Selain itu kamu juga memperoleh keterampilan sesuai bidangmu.

Baca juga:  Simak, Ini 5 Daftar Influencer dan YouTuber Investasi Bodong

Kritis Terhadap Durasi atau Masa Magang

Lama masa magang biasanya sudah dibicarakan sejak interview. Kamu bisa mengambil keputusan untuk tetap magang di tempat itu atau tidak. Jangka waktu magang yang panjang memang tidak masalah. Akan tetapi, jika dalam jangka waktu panjang kamu hanya mempelajari sedikit hal yang terkadang menjadi masalah. Kamu harus bisa mengatur waktu dengan jam kuliah juga. Akan tetapi jika lama waktu magang relevan dengan pembelajaran di tempat magang maka tidak menjadi masalah.

Cari Informasi Terkait Aktivitas Selama Magang

Sekelompok Orang Menonton Di Laptop
Foto oleh Fox dari Pexels

Informasi terkair aktifitas selama magang juga penting untuk kamu ketahui. Sebab ada juga tempat magang yang memberikan gaji, akan tetapi pekerjaan yang diberikan tidak sesuai dengan bidang yang kamu tekuni. Selain itu, kamu juga harus mencari tahu situasi kerja yang dibangun di tempat magang baik atau tidak. Dalam artian baik dan positif untuk menambah kualitas pengalaman kerja kamu.

Akan lebih baik jika kamu mendapat tempat magang dengan situasi kerja yang kondusif. Sebab hal itu dapat meningkatkan peforma belajarmu di tempat magang. Makannya tidak ada salahnya mencari informasi tentang situasi kerja di tempat magang.

Baca juga:  Bentuk Tato Amanda Manopo Bikin Heboh Saat Endorse

Perlu Tanyakan Gaji Saat Interview?

Meskipun terdengar sedikit kurang etis, tapi sebenarnya boleh-boleh saja jika kamu ingin menanyakan perosalan gaji. Kamu bisa melakukannya dengan cara yang sopan dan kalau bisa jangan di awal interivew. Kamu bisa mempetimbangkan terlebih dahulu lima poin sebelumnya yang sudah dibahas. Jika semuanya sudah cocok baru kamu bisa menanyakan perihal gaji.

Biasanya setiap tempat magang akan menawarkan besaran gaji yang berbeda-beda. Tergantung seberapa banyak yang dapat kamu kerjaan di tempat magang. Selain itu sistem pembayarannya juga berbeda. Ada yang dibayarkan setiap bulan dan ada yang dibayarkan sekaligus setelah proses magang selesai.

Perluas Jaringam

Selain untuk mengasah ketrampilan, kegiatan magang juga dapat digunakan untuk memperluas jaringan. Kamu bisa memilih tempat magang yang kira-kira bisa membuatmu menambah relasi. Jaringan yang luas bisa mempermudah jalanmu ketika sudah terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya. Maka usahakan buat kinerja dan citra yang baik selama magang ya.

Keberhasilan Magang Menentukan Karier

Keterampilan yang didapat selama magang bisa kamu masukan ke dalam portofoliomu. Sebab, biasanya tempat magang akan memberikan surat keterangan magang yang bisa kamu lampirkan ketika hendak melamar pekerjaan. Apalagi jika kinerja bagus selama magang, tidak menutup kemungkinan kamu akan mendapat tawaran untuk menjadi karyawan tetap di tempat magangmu. Maka gunakan waktu magangmu dengan memahami dunia kerja dan ketrampilan yang sedang kamu pelajari.

 

Sumber:

2020.“7 Cara Jitu Memilih Tempat Magang yang Digaji”. https://moneyduck.com/id/articles/1105-7-cara-jitu-memilih-tempat-magang-yang-digaji/

“Ini Alasan Pentingnya Magang Bagi Mahasiswa”. https://kampusyuk.com/artikel/ini-alasan-pentingnya-magang-bagi-mahasiswa-78