Tips Dampingi Anak Pra Sekolah Belajar Selama di Rumah

Foto oleh Gustavo Fring dari Pexels

Di usia pra sekolah, biasanya orang tua akan memasukkan anak ke Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Namun, sayangnya sejak adanya pandemi Covid-19, banyak aktivitas banyak dilakukan di rumah. Untuk itu, orang tua perlu tahu cara atau tips dampingi anak pra sekolah belajar selama di rumah agar hasilnya tetap maksimal.

Apa itu Usia Pra Sekolah?

Anak dengan usia di bawah 5 tahun sering disebut sebagai usia pra sekolah. Pada usia tersebut, anak belum bersekolah secara formal namun belajar dengan berbagai cara misalnya bermain. Rentan waktu ini adalah masa keemasan bagi anak-anak, sebab pada masa itu, kemampuan menyerap anak sangat cepat. Ditambah lagi mereka memiliki keingintahuan yang besar.

Oleh karena itu, di usia pra sekolah, orang tua perlu memberikan pendampingan terbaik agar anak dapat tumbuh dengan baik. Pada masa ini, anak memasuki fase eksplorasi dan sedang aktif-aktifnya, sehingga orang tua mesti bijak menanganinya. Di masa ini pula, akan muncul istilah “negativisme” atau keadaan anak mulai sering membangkan, “imitatif” atau keadaan anak meniru berbagai hal yang dilihat, dan “banyak bertanya” untuk menjawab semua keingintahuannya.

Baca juga:  Tips Mengenalkan Sains Pada Anak,Terapkan Tips Ini

Tips Dampingi Anak Pra Sekolah Belajar Selama di Rumah

Agar anak merasa nyaman dan senang saat belajar, maka perlu menciptakan suasana yang nyaman dan mengasyikkan. Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mendampingi anak usia prasekolah saat belajar di rumah. Apa saja itu? Simak penjelasannya berikut ini.

1.Jadilah Teman Bermain Anak

Pada usia anak pra sekolah ada sebuah istilah “belajar dengan bermain dan bermain dengan belajar”, artinya anak senang bermain dan mengekspor berbagai hal dengan mainan. Maka yang dapat orang tua lakukan adalah menjadi teman bermain bagi anak. Dalam hal ini, Anda bisa mengajak anak bermain dengan memanfaatkan barang yang ada di rumah. Misalnya bermain origami, mobil-mobilan, boneka, dll.

Baca juga:  Catat, Begini Cara Mengatasi Anak Tantrum karena Gadget

2.Bernyanyi

Tips selanjutnya yaitu bernyanyi. Ketika Anda ingin mengenalkan anak pada huruf dan angka, ini bisa dilakukan melalui nyanyian. Apalagi saat ini sudah banyak nyanyian edukatif yang bisa Anda lihat di internet seperti YouTube.

3.Sering Memaparkan

Metode ini cukup efektif untuk mendorong kemampuan mengingat anak. Misalnya, Anda sudah mengajarkan warna, maka sebaiknya untuk sering-sering menanyakannya yang ia lihat. Misal ketika melihat sebuah benda Anda bisa menanyakan namanya, lalu menanyakan warnanya.

4.Melibatkan Anak dalam Aktivitas di Rumah

Tips selanjutnya adalah membiasakan anak membangun tanggung jawab dan sikap inisiatif. Misalnya dengan mengajarkan anak untuk membereskan mainan yang telah digunakan. Selain itu, Anda juga bisa melibatkannya pada berbagai pekerjaan rumah, seperti menyapu, merapikan tempat tidur dan menyiram tanaman.

Baca juga:  Memposting Anak di Sosmed? Ini Dia Batasan-Batasannya

Itulah tips dampingi anak pra sekolah belajar di rumah yang dapat Anda coba. Disamping itu, Anda juga dapat mencoba metode lainnya yang mungkin menurut Anda lebih efektif untuk mendukung pembelajaran anak.