Tips Agar Konten TikTok Bisa Viral dan FYP

Grid.ID

Selain dijadikan ajang untuk hiburan, bermain TikTok juga dapat memiliki banyak manfaat lho. Diantaranya yaitu meningkatkan kreativitas, mengetehui banyak informasi, menambah pertemanan, dan meningkatkan rasa percaya diri.

Nah buat kamu yang suka bermain TikTok tapi tak pernah FYP, bisa banget nih cobain tips-tips dari www.axe.com berikut.

Tentukan Tema dan Selalu Konsisten

Selain jumlah interaksi akunmu, konsistensi tema juga menjadi salah satu sistem penilaian TikTok terhadap akunmu. Jika akunmu dianggap konsisten dalam membuat konten, TikTok akan memasukan akunku ke dalam medium batch, sehingga kontenmu bisa viral. Selian itu, konsistensi tema konten juga akan membuat followersmu tetap setia mengikutimu.

Makannya, jika kamu ingin kontenmu FYP, cobalah fokus pada salah satu tema saja. Kamu bisa memilih konten yang berkaitan dengan hobimu, seperti game, drakor, anime, buku, dll.

5 Video Rules

5 video rules adalah tips yang harus diketahui oleh konten kreator. Tips yang dimaksud dengan 5 video rules adalah, pemfokusan pada lima video pertama yang akan kamu unggah di akunmu. Sebab, lima video pertama tersebut akan menentukan apakah akun kamu layak untuk diprioritaskan atau tidak msauk untuk FYP. Jika lima video pertamamu ditonton oleh banyak orang dan temannya konsisten, maka akunmu akan diprioritaskan ke medium batch atau bahkan large batch. Makannya, sebelum membuat akun Tik Tok baiknya buat strategi terlebih dahulu ya.

Baca juga:  Puan Diduga Kembali Matikan Mikrofon di Rapat Paripurna, Inilah Penjelasan DPR

Lihat Trending Video, Audio, dan Hastag

Le monde de la conso toqué de TikTok
LSA

Selain menentukan tema dan strategi sebelum membuat akun, jangan lupa untuk membuat kreasi video yang kekinian juga. Buat konten yang segar dengan memperhatikan trending video, audio, maupun hastag. Kamu bisa memulainya dengan membuat video Tik Tok yang sedang viral. Atau kamu bisa menggunakan audio terbaru yang juga sedang viral.

Penggunaan hastag juga sangat berpengaruh untuk membuat kontenmu FYP. Kamu bisa menggunakan hastag yang umum digunakan seperti #fyp, #foryou, atau #fy. Nah agar tema kontenmu lebih dikenal, kamu bisa menggunakan hastag yang relevan dengan tema konten.

Buat Video Berkualitas

Untuk membuat video yang lebih berkualitas, kamu dapat menggunakan video editor lain selain TikTok. Akan tetapi, usahakan untuk tetap menggunakan fitur dalam TikTok ya. Kamu bisa menggunakan filter dan audio bawaan TikTok. Sebab jika kamu menggunakan audio di luar aplikasi akan dikenakan copyright. Selain itu TikTok juga tidak akan memasukan kontenmu ke FYP.

Baca juga:  Cegah Kelangkaan, 6 Polda Usut Kasus Dugaan Penyalahgunaan BBM

Durasi Pendek

Selain jumlah interaksi seperti likes, comment, and share, TikTok juga menilai dari completion rate, yaitu seberapa banyak orang yang menonton video kamu sampai habis. Kamu bisa membuat video dengan durasi 13-17 detik saja. Sebab dari video yang berkisar 30 detik, penonton rata-rata hanya fokus menonton pada detik ke 7-10 saja.

Perhatikan Teknik Editing

Teknik editing yang menarik juga bisa membuat penonton merasa penasaran dan menonton videomu sampai selesai. Kamu harus membuat awal video yang atraktif atau dengan teks yang cepat, sehingga penonton akan mengulang menonton videomu.

Wajib Mendulang Like, Share, dan Comment

Iedereen aan de TikTok: zo bescherm je kinderen tegen online gevaren | Tech | AD.nl
AD.nl

Berdasarkan algoritma TikTok terbaru, konten yang disalurkan ke FYP harus mempunyai 20-25% engagement rate. Engagement rate adalah total angka yang menunjukkan interaksi dari konten lo, mulai dari likes, shares dan juga comments. TikTok hanya akan push sebuah konten masuk FYP kalo engagement rate konten tersebut cukup bagus. Makannya, setelah membuat konten TikTok dengan penuh strategi, jangan lupa unuk tetap usaha menyebarluaskan akunmu. Kamu bisa share kontenmu ke media sosial lain dan ajak teman-temanmu untuk mengikuti akun TikTok-mu.

Baca juga:  Inilah 4 Klarifikasi Rezky Aditya Soal Anak dari Wenny Ariany

Coba Fitur Duet

Salah satu fitur TikTok yang bisa kamu manfaatin untuk pansos ialah fitur duet. Kamu bisa berkolaborasi dengan konten kreator lain tanpa harus membuat video secara bersamaan. Misalnya buatlah react konten yang sedang viral. Atau kamu bisa membuat video duet dengan seseorang yang sedang viral.

Tentuka Deskripsi Video dan Jadwal Unggah

Gunakanlah deskripsi yang singkat, jelas, dan unik. Jangan lupa untuk tetap menggunakan hastag yang relevan. Selain itu, perhatikan juga jadwal mengunggak video. Pastikan kamu mengunggahnya di jam prime time. Biasanya pada jam 10 pagi sampai jam 1 siang dan setelah jam 7 malam. Kamu juga dapat menganalisis sendiri jam fyp TikTok tiap harinya.

Upgrade ke Akun Pro

Jika beralih menggunakan akun pro, kamu dapat menggunakan fitur yang bisa menganalisis kontenmu dengan lengkap. Kamu bisa mempelajari pola konten yang sukses dan jam berapa saja kontenmu akan ditonton banyak orang. Sehingga kamu bisa memanfaatkan data-data tersebut untuk membuat strategi.

Buat Konten yang Relatable

Cara terakhir agar kontenmu masuk FYP adalah buat konten yang relatable. Buatlah konten yang kira-kira bisa merambah pasar yang luas karena dinilai relate oleh banyak orang. Dengan itu, kontenmu akan mendapat jumlah interaksi yang banyak.

 

sumber:

2021.“11 Trik Tik Tok 2021 Supaya Lo Masuk FYP!”. https://www.axe.com/id/inspirasi/culture/trik-tik-tok-terbaru.html.

Dinnata, Regi Yanuar Widhia. 2021. “Manfaat Bermain TikTok yang Perlu Anda Ketahui”. https://yogya.ayoindonesia.com/umum/pr-39599801/5-manfaat-bermain-tiktok-yang-perlu-anda-ketahui?page=all.