Ternyata Mudah! Ini Dia Rumus Tinggi Segitiga

Sumber : kelaspintar.id

Kembali lagi bersama salah satu bangun datar yang memiliki 3 sisi dan rusuk ini, ya segitiga namanya. Kali ini kita akan belajar rumus tinggi segitiga.

Karena untuk mencari luas dan keliling sebuah segitiga maka nilai tinggi segitiga tersebut harus diketahui. Namun bagaimana jika sebaliknya? Nilai yang diketahi adalah nilai alas (salah satu sisi) dan luas?

Mudah!

Mari simak bersama-sama.

                    Sumber : hot.liputan6.com

A. Mencari tinggi segitiga jika diketahui alas dan luasnya

Mari kita ingat kembali rumus luas segitiga. Rumus luas segitiga adalah L=1/2at.
Keterangan :

L = luas segitiga
a = panjang alas segitiga
t = tinggi segitiga dari alasnya

Jika luas segitiga diketahui, maka masukkan nilai tersebut sebagai variabel L. dan panjang salah satu sisinya, masukkan nilai tersebut sebagai variabel a. Jika luas dan alas segitiga tidak diketahui, maka harus menggunakan cara perhitungan lainnya.

Baca juga:  Rangkuman Tabel Partikel Penyusun Atom? Baca Disini

Terlepas dari penggambaran bentuk segitiga, sisi mana pun bisa menjadi alasnya. Untuk memahaminya, bayangkan memutar segitiga hingga sisi yang diketahui berada di bagian dasar.
Contohnya, jika Anda mengetahui luas segitiga adalah 20cm2 , dan panjang salah satu sisinya adalah 4cm, maka tuliskan:

L = 20 dan
a = 4

Masukkan nilai yang diketahui ke dalam rumus L=1/2at lalu hitung.

Pertama-tama, kalikan alas (a) dengan 1/2, kemudian bagi luas (L) dengan hasil perhitungannya. Nilai yang diperoleh adalah tinggi segitiga Anda!
L=1/2at
20 = 1/2(4)t
20 = 2t
10 = t

Maka, tinggi segitiga tersebut adalah 10cm.
Mudah bukan? Selanjutnya, kita akan mencari nilai tinggi dari sebuah segitiga sama sisi.

B. Mencari tinggi segitiga sama sisi

Mari kita ingat kembali sifat segitiga sama sisi. Segitiga sama sisi mempunyai 3 sisi yang sama panjang, dan tiga sudut sama besar, masing-masing 60 derajat. Jika segitiga sama sisi dibagi menjadi dua bagian sama besar, Anda akan mendapatkan dua segitiga siku-siku yang kongruen.

Baca juga:  Inilah Daftar Lengkap Jurusan dan Daya Tampung di Unesa, Ternyata Psikologi hingga Manajemen Jadi Favorit pada SBMPTN 2022

Dalam kasus ini, kita akan menggunakan segitiga sama sisi dengan panjang setiap sisinya 8cm.
Lalu coba ingat kembali Teorema Pythagoras. Teorema Pythagoras menyatakan bahwa untuk semua segitiga siku-siku dengan panjang sisi a dan b, serta sisi miring c berlaku: a² + b² = c².

Nah, kita bisa menggunakan teorema ini untuk mencari tinggi segitiga sama sisi!

Bagi segitiga sama sisi menjadi dua bagian sama besar, dan tandai sisi-sisinya sebagai variabel a, b, dan c. Panjang sisi miring c akan sama dengan panjang sisi segitiga sama sisi. Sisi a akan sama dengan 1/2 panjang sisi sebelumnya, dan sisi b adalah tinggi segitiga yang harus dicari.
Menggunakan contoh segitiga sama sisi dengan panjang

Baca juga:  Daftar Lengkap Jurusan di Unsika dan Akreditasinya, Cari Tahu Disini!
sisi = 8 c = 8 dan a = 4

Masukkan nilai tersebut ke dalam Teorema Pythagoras dan cari nilai b². Pertama-tama kuadratkan c dan a dengan mengalikan masing-masing angka dengan angka yang sama. Kemudian, kurangi a² dari c².

4² + b² = 8²
16 + b² = 64
b² = 48

Cari akar kuadrat b² untuk mengetahui tinggi segitiga Anda!
Gunakan fungsi akar kuadrat dalam kalkulator Anda untuk mencari Sqrt(²). Hasil perhitungannya adalah tinggi segitiga sama sisi Anda!

b = √8 = 6,93

Kita telah mempelajari rumus tinggi segitiga menggunakan cara-cara seperti diatas, bagaimana mudah bukan? Semoga bermanfaat bagi kalian yaa!

Sumber rujukan : https://id.wikihow.com/Mencari-Tinggi-Segitiga#:~:text=Masukkan%20nilai%20yang%20diketahui%20ke,diperoleh%20adalah%20tinggi%20segitiga%20Anda!