Terjawab Disini, Apa itu Kalimat Konjungsi

Apa itu Kalimat Konjungsi
sumber gambar ; unsplash.com

OMTELOLET –¬†Sebelum kita memahami, apa itu kalimat konjungsi? kita perlu memahami dulu pentingnya¬† peranan konjungsi dalam membentuk kalimat. Tanpa adanya peranan konjungsi, orang-orang tidak akan bisa berbahasa dengan baik dalam kegiatan komunikasinya sehari-hari.

Jadi, sebenarnya, apa itu kalimat konjungsi?

Pengertian Kalimat Konjungsi

Konjungsi adalah suatu kata hubung yang berfungsi untuk menjembatani setiap kata, klausa dan bahkan setiap kalimat. Maka, konjungsi memiliki peranan penting untuk menjembatani penggabungan antar kata, frasa hingga kalimat agar menjadi satu kesatuan makna.

Jadi, kalimat konjungsi dapat dipahami sebagai sederet kata, frasa atau bahkan sederet kalimat yang dihubungkan oleh konjungsi agar bisa membentuk makna. Pembentukan makna tersebut akan melahirkan suatu bahasa yang secara lisan maupun tekstual bisa mengandung suatu pesan untuk berkomunikasi.

Baca juga:  Bagaimana Sejarah Berdirinya Kerajaan Aceh? Berikut Jawabannya

Jenis Konjungsi

Konjungsi memiliki beberapa jenis yang diklasifikasikan berdasarkan uraian berikut ini ;

  • Konjungsi Koordinatif, merupakan jenis konjungsi yang berguna untuk menggabungkan dua klausa yang memiliki nilai kedudukan setara. Sehingga, konjungsi koordinatif akan menghasilkan jenis kalimat majemuk setara. Contoh kata konjungsi koordinatif ; dan, melainkan, serta, dari, padahal, atau, tetapi.
  • Konjungsi Subordinatif, merupakan jenis konjungsi yang dua klausa dengan hubungan bertingkat, sehingga juga akan menghasilkan kalimat majemuk bertingkat. contoh kata konjungsi subordinatif ; sesudah, asalkan, biarpun, seakan-akan, bahwa, dengan.
  • Konjunsi Korelatif, jenis konjungsi yang menghubungkan dua kata dengan fungsi sintaksis yang setara, Contoh kata konjungsi korelatif ; tidak hanya, tetapi juga, bukannya, jangankan.
Apa itu Kalimat Konjungsi
sumber gambar ; unsplash.com
  • Konjungsi Antarkalimat, jenis konjungsi yang diklasifikasikan berdasarkan satuan bahasa dimana konjungsi sedang dipakai. Yakni antara konjungsi yang menggabungkan dua kalimat berbeda dengan konjungsi yang menggabungan dua paragraf. Contoh kata konjungsi yang tergolong kedalam konjungsi antarkalimat adalah ; biarpun begitu, lagi pula, akan tetapi, sebelum itu, oleh sebab itu, oleh karena itu, kecuali itu, namun.
  • Konjungsi Antarparagraf, dapat dipahamu sebagai konjungsi untuk menambah keterangan, pertentangan dengan hal sebelumnya. Selain itu, konjungsi antar paragraf juga dapat menyatakan tujuan, waktu, akibat perbandingan dan tempat.
Baca juga:  Bagaimana Cara Nenek Moyang Kita untuk Mendapatkan Api?

Contoh Kalimat Konjungsi

  • Brandon sudah ikut bertanding, padahal dia sedang mengalami cedera lutut.
  • Daniel tetap berlatih walaupun sedang dalam masa libur kompetisi.
  • Entah benar atau tidak, Filipina masih menyimpan para atlet basket terbaiknya.
  • Jalen Green kini sudah bermain di NBA, sesungguhnya, dia sudah berlatih dengan keras selama bertahun-tahun.
  • Baik Cade Cunningham maupun Jadon Ivey, keduanya sama-sama pemain utama di Detroit Pistons.

Sumber referensi ; https://tirto.id/macam-macam-kata-hubung-konjungsi-fungsi-dan-contohnya-ghT1