Tercipta dari Cahaya, Inilah Tugas Tugas Malaikat

tugas tugas malaikat
sumber gambar ; unsplash.com

OMTELOLET – Malaikat adalah mahluk ciptaan Allah swt yang diciptakan melalui cahaya dengan tujuan untuk beribadah. Sebagai mahluk ciptaan Allah swt yang tidak memiliki nafsu, tugas tugas malaikat sangatlah banyak dan beragam.

Ada banyak sekali jumlah Malaikat beserta tugas-tugasnya. Namun hanya 10 Malaikat yang wajib diketahui dan di-imani oleh umat Muslim.

Malaikat Mikail

Tuhan menciptakan Malaikat Jibril ke muka Bumi untuk menurunkan Hujan dan  mengatur pemberian Rezeki hidup pada manusia.

Malaikat Jibril

Malaikat Jibril merupakan Malaikat yang ditugaskan untuk menurunkan Wahyu. Serta, petunjuk kepada para Nabi dan Rasulullah. Selepas berakhirnya masa Nabi dan Rasul, Malaikat Jibril juga memiliki tugas lain, yakni sebagai mengatur arah dan kendali angin yang ada di muka Bumi.

Baca juga:  Heboh! Sekarang Berpenampilan Mirip Wanita, Aming Ungkap Alasannya

Malaikat Israfil

Hari Kiamat atau akhir dari zaman kehidupan manusia merupakan hal yang akan terjadi dengan berbagai pertanda, salah satunya dengan dibunyikannya Sangkakala akhir zaman. Tuhan menugaskan Malaikat Israfil dengan tugas sebagai sang peniup Sangkakala sebagai pertanda berakhirnya masa Dunia.

Malaikat Izrail

Malaikat Izrail ditugaskan Tuhan untuk mencabut nyawa mahluk hidup, termasuk para Manusia.

Malaikat Raqib

Malaikat Raqib diberikan tugas oleh Tuhan untuk mencatat segala perilaku baik yang dilakukan oleh setiap umat manusia.

tugas tugas malaikat
sumber gambar ; unsplash.com

Malaikat Atid

Tuhan menugaskan Malaikat Atid untuk mengawasi dan mencatat setiap perilaku buruk manusia yang menyimpang dari kebenaranNya.

Malaikat Nakir

Manusia di alam Kubur akan berjumpa dengan Malaikat Nakir yang ditugaskan Tuhan untuk menanyakan pertanggung jawaban manusia atas segala amal perbuatan baik semasa hidup di dunia.

Baca juga:  Sudah Terbukti, Begini Cara Mengecilkan Paha dan Betis

Malaikat Munkar

Manusia tak hanya akan berjumpa dengan Malaikat Nakir saja di alam Kubur, tapi juga akan menumpai Malaikat Munkar. Malaikat Munkar ditugaskan oleh Tuhan untuk memintai pertanggugng jawaban manusia atas segala perbuatan buruk semasa menjalani kehidupan di dunia.

Malaikat Ridwan

Surga merupakan alam kehidupan Indah di Akhirat yang diciptakan Tuhan untuk para umat manusia yang beriman dan bertaqwa pada perintah dan ajaran Tuhan. Malaikat Ridwan merupakan Malaikat yang ditugaskan oleh Allah swt untuk menjaga pintu Surga.

Malaikat Malik

Malaikat Malik merupakan Malaikat yang diutus oleh Tuhan untuk menjaga Pintu Neraka sebagai alam kehidupan Akhirat penuh siksaan yang diperuntukkan bagi umat manusia yang tidak taat terhadap perintah dan ajaran Tuhan.

Baca juga:  Cara Mudah Membuat Kaligrafi Dinding Kelas, Hasilnya Wow Banget!

Itulah tugas tugas Malaikat beserta nama-nama Malaikat yang wajib diketahui dan diyakini oleh umat Muslim.

 

sumber referensi ; https://katadata.co.id/safrezi/berita/61440bc90c439/nama-malaikat-dan-tugasnya-yang-wajib-diketahui