Terbukti Efektif, Begini Cara Mengatasi Anak Malas Belajar

cara mengatasi anak malas belajar
Worried teenage girl studying late at home

OMTELOLET – Cara mengatasi anak malas belajar terkadang tidaklah mudah, bahkan orang tua harus berfikir keras memikirkan hal itu. Meskipun demikian, persoalan itu sebenarnya bisa diatasi bila orang tua cermat dalam mengidentifikasi penyebabnya.

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan anak menjadi malas untuk belajar, semisal kondisi emosional hingga cara belajarnya yang tidak sesuai. Maka, orang tua harus bisa menyiasati faktor penyebab yang ada agar anak tidak lagi menjadi malas saat sedang belajar.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan orang tua agar anak tidak lagi malas-malasan saat sedang belajar ;

Mengubah Gaya Belajar Anak

Orang tua wajib mengidentifikasi gaya belajar anak, bila suatu waktu terjebak dalam kemalasaan saat sedang belajar. Gaya dan cara belajar setiap anak tidaklah sama, sehingga orang tua perlu memahami hal tersebut untuk memfasilitasinya. Semisal, seorang anak suka belajar di tempat yang hening, maka orang tua bisa menyediakan ruang belajar yang mendukung hal tersebut.

Baca juga:  Jauhkan dari Hal Negatif, Begini Cara Mengarahkan Anak untuk Memiliki Hobi Positif

Mendampingi Kegiatan Belajar Anak

Penyebab anak malas belajar bisa jadi karena kesulitannya dalam memahami materi yang sedang dipelajarinya. Maka, orang tua perlu sesekali mendampingi kegiatan belajarnya, agar anak menjadi lebih nyaman saat sedang berada dalam kesulitan.

sumber gambar ; unsplash.com

Tidak Menekan Anak untuk Selalu Belajar

Anak tidak akan pernah bisa belajar dengan nyaman saat berada dalam tekanan, termasuk orang tua yang selalu menekan anak untuk belajar. Tindakan menekan justru akan membuat anak menjadi malas belajar, karena anak tidak belajar dalam kondisi yang bahagia. Maka, jangan sesekali menekan dan mengingatkan anak untuk terus selalu belajar.

Buatkan Jadwal Belajar yang Disepakati

Orang tua dan anak bisa berunding membuat jadwal belajar yang sudah disepakati bersama, hal ini menjadi solusi agar anak tidak belajar dengan kondisi tertekan. Anak akan belajar dan mengerti tanggung jawab belajarnya, sedangkan orang tua bisa memantau jadwal belajar anak.

Baca juga:  Terbaik, Rekomendasi 4 Pil KB yang Bagus dan Mudah Didapatkan

Tidak Membebani Anak dengan Prestasi

Orang tua yang terlalu membebani anak dengan prestasi akademik justru membuata anak menjadi tertekan dan semakin malas belajar. Maka, jangan membebani anak dengan tuntutan prestasi, ajarkan anak bahwa belajar merupakan bagian dari proses tidak tahu menjadi tahu.

Mengapresiasi Prestasi Anak

Apapun prestasi akademik anak, orang tua wajib mengapresiasinya agar anak merasa usahanya dihargai. Maka, dengan begitu anak akan menjadi lebih bersemangat dalam belajar.

sumber referensi ; https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/perkembangan-anak/anak-malas-belajar/