Simak Materi Teks Eksposisi Kelas 8 Lengkap

Sumber : studioliterasi.com

Pada saat di bangku sekolah, pelajaran bahasa Indonesia adalah salah satu mata pelajaran yang berkaitan dengan seni menulis salah satunya yaitu teks eksposisi kelas 8. Materi ini cukup mudah namun membutuhkan pemahaman yang lebih untuk membuat teks eksposisi yang baik dan benar. Berikut akan diulas tentang teks eksposisi kelas 8 yang perlu diketahui. 

Pengertian Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah teks yang memaparkan sejumlah pengetahuan atau informasi disertai fakta yang memuat penilaian, dorongan, atau ajakan ajakan tertentu kepada masyarakat luas secara singkat, padat dan jelas. Tujuannya agar pembaca mendapat informasi dan pengetahuan sejelas-jelasnya. 

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

  1. Memiliki gagasan yang berisi pernyataan berupa opini atau pendapat penulis tentang sesuatu yang diulas serta bertujuan untuk mengajak pembaca untuk melakukan hal yang disarankan
  2. Dalam penulisan teks eksposisi harus berdasarkan fakta dan bersifat ilmiah dari hasil riset agar data yang disampaikan lebih valid.

Struktur Teks Eksposisi

1. Tesis

Tesis merupakan bagian paragraf yang berisi sudut pandang penulis terhadap masalah yang akan dibahas.

2. Argumentasi

Argumentasi adalah opini yang digunakan penulis untuk menyampaikan suatu permasalahan disertai dengan fakta-fakta yang ada sebagai pendukung pendapat penulis.

Baca juga:  Mengapa Api Sangat Penting dalam Kehidupan Manusia

3. Penegasan Ulang

Penegasan ulang adalah bagian dimana penulis menyampaikan kesimpulan terhadap pendapat sebelumnya.

Sumber : kelaspintar.id

Pola pola Pengembangan Teks Eksposisi

Dalam teks eksposisi, hubungan antar bagian dalam teks berpola sebab akibat. Berikut pola yang dapat digunakan di dalam pengembangan teks eksposisi. : 

a. Pola umum khusus

Pada awal paragraf berisi ide pokok yang diteruskan oleh ide-ide penjelasan, pola ini biasanya disebut dengan paragraf deduktif. 

b. Pola khusus umum

Pada akhir paragraf simpulan atau rangkuman dari opini yang dikemukakan sebelumnya. 

c. Pola ilustrasi

Ilustrasi berfungsi untuk membuktikan suatu pendapat. Biasanya penulis menggunakan pengalamannya untuk meyakinkan kebenaran suatu gagasan yang telah disampaikan. 

d. Pola perbandingan

Perbandingan dilakukan untuk menentukan perbedaan maupun persamaan dari benda maupun keadaan untuk meyakinkan pembaca atas gagasan yang disampaikan.

Contoh Teks Eksposisi

Enam Akibat Jika Kurang Minum Air Putih

Air merupakan komponen terbesar yang  dibutuhkan dalam tubuh manusia. Namun, banyak orang yang malas minum air putih. Hal ini sering terjadi pada orang yang tinggal di ruangan atau tempat yang dingin dengan alasan mereka tidak haus. Menurut Prof. Hiromi Shinya MD, pakar enzim dan guru besar kedokteran di Albert Einstein College of Medicine di Amerika Serikat, meskipun setiap orang memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda, orang dewasa dianjurkan untuk minum air putih 6 sampai 8 gelas per hari atau setara dengan 1,5-2 liter per hari. Karena itu, kekurangan asupan air putih berdampak bagi kesehatan tubuh. Di bawah ini adalah enam akibat jika kurang minum air putih.

Baca juga:  Materi Menggambar Komik, Seni Budaya Kelas VIII

Pertama, kekurangan air putih akan membuat sel-sel otak menjadi tidak aktif. Saat seseorang kekurangan pasokan air, maka dia akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi ini dapat menyebabkan cairan otak menurun dan asupan oksigen yang seharusnya mengalir ke otak menjadi berkurang. Hal ini mengakibatkan sel-sel otak menjadi tidak aktif dan tidak berkembang, bahkan dapat menyusut.

Kedua, kekurangan air putih akan menurunkan konsentrasi, otak memiliki komposisi yang terdiri atas cairan, apabila otak tidak mendapat asupan air yang cukup, maka akan mengganggu fungsi kognitif (kepandaian). Otak yang tidak dapat menjalankan fungsi kognitif akan membuat seseorang mudah lupa, tidak konsentrasi, hingga lemot.

Ketiga, kekurangan air putih akan menyebabkan halusinasi bahkan kematian. Dehidrasi dapat menyebabkan gejala ringan seperti haus, sakit kepala, tenggorokan kering, badan panas, lelah, denyut nadi cepat, warna air kencing pekat, ataupun gejala berat seperti halusinasi bahkan kematian.

Keempat, kekurangan air putih akan menyebabkan infeksi kandung kemih. Rentan terhadap infeksi kandung kemih, karena bakteri tidak dapat keluar akibat kurang minum air putih. Adapun gejala infeksi kandung kemih dapat berupa suhu badan sedikit naik, perasaan tidak dapat menahan buang air kecil, terdapat nyeri tekan di atas tulang kemaluan, bahkan mungkin terdapat darah dalam urine. Bagi perempuan disarankan untuk lebih banyak minum air putih, karena panjang saluran kemih lebih pendek dari pada pria. Banyak mengonsumsi air putih dapat membantu bakteri keluar dari saluran kemih dan mengurangi risiko infeksi kandung kemih.

Baca juga:  Pilih Mana Roboguru Ruangguru Vs Brainly? Berikut Review-nya

Kelima, kekurangan air putih akan membuat kulit menjadi kusam, karena aliran darah kapiler di kulit tidak maksimal.

Keenam, kekurangan air putih akan mengganggu fungsi ginjal, oleh karena itu minumlah air putih yang cukup setiap harinya. Hal ini disebabkan karena air membantu mempermudah proses peluruhan komponen pembentuk batu ginjal, yang pada akhirnya akan keluar bersama urine saat buang air kecil.

Jadi, jangan malas untuk minum air putih. Kita harus memperhatikan kesehatan diri sendiri, karena kekurangan air putih dalam tubuh akan menimbulkan penyakit yang telah dijelaskan sebelumnya. Jika kita memenuhi asupan air putih untuk tubuh, yakinlah kita akan terhindar dari penyakit-penyakit tersebut.

Demikian ulasan tentang teks eksposisi kelas 8, semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu kalian untuk membuat teks eksposisi yang berkualitas dan valid. 

Sumber :

  1. https://www.guruspensaka.com/2020/09/materi-bahasa-indonesia-kelas-viii-teks.html
  2. https://wirahadie.com/materi-bahasa-indonesia-kelas-8-bab-3/amp/