Teknik Pencahayaan Pada Objek Gambar, Kamu Harus Tahu!

Pencahayaan Pada Objek Gambar
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Sudahkah kamu memahami Teknik Pencahayaan Pada Objek Gambar? Kamu harus tahu dan itu wajib. Ya, sebabnya sih jelas, di era teknologi digital yang serba canggih ini, kamu pasti sangat tidak asing lagi dengan kegiatan memfoto melalui gadgetmu.

Jadi, memahami teknik pencahayaan pada objek gambar memang sangatla penting untuk dikuasai oleh siapapun, tak harus Fotografer. Bisa dibayangkan tidak? bagaimana jadinya ketika kamu diminta untuk memfoto kegiatan bersama teman-temanmu, tapi hasilnya malah tidak memuaskan.

Hal-hal seperti itu tentunya sangat kamu hindari, kamu pun pasti akan merasa ketinggalan jaman bila ternyata ada beberapa teknik fotografi yang tidak kamu kuasai. Nah, karena itulah artikel kali ini akan membahas tentang teknik pencahayaan pada objek gambar, sehingga, kamu bisa menghasilkan jepretan foto yang berkualitas.

Teknik Pencahayaan Pada Objek Gambar

Perlu diketahui, bahwa perbedaan setiap sudut pada pengambilan suatu gambar, itu juga sangat mempengaruhi intensitas pencahayaannya. Artinya, perbedaan intensitas cahaya yang didapat dari masing-masing sudut pengambilan gambar juga mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan.

Baca juga:  Ketahui Lokasi English Academy Center di Beberapa Daerah di Indonesia

Permasalahan tentang pencahayaan tentunya sudah banyak dialami sepanjang pengalaman para Fotografer. Nah, kamu yang bukan fotografer pun juga perlu perlu memahami tentang beberapa teknik pencahayaan pada objek gambar yang akan kamu foto.

Berikut ini adalah beberapa teknik pencahayaan yang bisa kamu pelajari.

Pencahayaan Pada Objek Gambar
sumber gambar : unsplash.com

Teknik Pencahayaan Front Light

Teknik pencahayaan Front Light ini juga sering disebut sebagai teknik pencahayaan depan dari posisi objek gambar. Artinya, objek foto berada dalam posisi didepan cahaya, sedangkan fotografer berada dalam posisi membelakangi cahaya.

Teknik ini dalam penerapannya akan membuat penampakan objek gambar menjadi begitu sangat jelas. Sehingga, teknik pencahayaan Front Light ini sangat cocok untuk kamu yang menginginkan penampakan objek secara jelas dan detail.

Baca juga:  Mengenal Nama-Nama Segi, Mari Simak dengan Seksama !

Back Light

Berbanding terbalik dengan teknik sebelumnya, teknik pencahayaan Back Light ini merupakan teknik pencahayaan yang membelakangi Obyek gambar. Teknik pencahayaan yang satu ini berlaku dengan memposisikan fotografer berada tepat didepan sumber cahaya. Sehingga, teknik ini akan menampilkan kesan gelap pada bagian depan objek gambar. Teknik pencahayaan yang satu ini terbilang sangatlah cocok bagi kamu yang menggemari jenis foto siluet.

Side Light

Teknik pencahayaan ini dilakukan dengan cara mengambil gambar dengan posisi objek gambar yang berada disamping sumber cahaya. Teknik pencahayaan ini akan menghasilkan kesan gambar yang berbeda, karena terciptanya bayangan yang tidak menyeluruh.

Existing Light

Teknik Pencahayaan ini bekerja dengan cara memanfaatkan sumber cahaya yang berasal dari benda disekitar objek gambar. Umumnya, teknik pencahayaan ini memanfaatkan pantulan cahaya dari lampu maupun pantulan cahaya dari lantai. Tentu saja, teknik pencahayaan yang satu ini juga tidak kalah kreatif dibandingkan dengan teknik pencahayan lainnya.

Baca juga:  Bagaimana Proses Terjadinya Gerhana Bulan?

Itulah ulasan mengenai beberapa Teknik Pencahayaan Pada Objek Gambar yang bisa kamu coba dan pelajari.

 

sumber referensi : https://doss.co.id/news/memahami-jenis-jenis-pencahayaan-dan-cara-menggunakannya