Sering Mengharumkan Nama Indonesia, Inilah Teknik Dasar Pencak Silat

teknik dasar pencak silat
sumber gambar ; unsplash.com

OMTELOLET – Pencak silat adalah seni bela diri tradisional asli Indonesia yang sering menghadirkan prestasi bagi Indonesia di kancah Internasional. Sebagai seni bela diri asli Indonesia, teknik dasar pencak silat memiliki ciri khas dan keunggulan tersendiri.

Berikut ini akan diulas mengenai setiap teknik dasar pencak silat, sebagai seni bela diri tradisional asli Indonesia. Bagaimana seni bela diri ini seringkali mengharumkan nama Indonesia dan semakin populer di negara lain melalui berbagai teknik dasarnya.

Teknik Dasar Pencak Silat

  • Teknik Kuda-Kuda

Teknik Kuda-kuda merupakan teknik yang paling mendasar dalam seni bela diri pencak silat. Teknik dasar kuda-kuda bahkan sudah harus dikuasai oleh seorang pemula yang belajar pencak silat.  Teknik dasar yang satu ini sangat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan tubuh, baik saat dalam posisi bertahan maupun menyerang. Kuda-kuda dalam pencak silat terdiri dari 6 teknik. Yakni kuda-kuda tengah, depan, samping, belakang, depan belakang dan silang.

  • Teknik Sikap Pasang
Baca juga:  Lihat Disini, Teks Pidato Singkat Berbakti kepada Orang Tua

Teknik dasar ini merupakan posisi yang mengkombinasikan teknik kuda-kuda dengan sikap yang fleksibel, baik saat bertahan maupun menyerang.

  • Teknik Pola Langkah

Teknik dasar ini dilakukan dengan cara mengubah pijakan langkah kaki dari satu titik ke titik lainnya secara terencana. Tujuannya jelas, yakni untuk mengecoh lawan agar gerakan kita saat menyerang maupun bertahan menjadi sulit terbaca.

  • Teknik Arah

Teknik arah ini berguna agar seseorang bisa menentukan arah dengan baik saat akan menyerang maupun bertahan. Teknik arah mengacu pada 8 penjuru mata angin, yakni timur, barat, selatan, utara, barat daya, barat laut, tenggara, timur laut.

teknik dasar pencak silat
sumber gambar ; unsplash.com
  • Teknik Pukulan

Teknik ini merupakan salah satu yang paling inti dalam seni bela diri pencak silat. Teknik pukulan akan sangat dibutuhkan saat dalam posisi menyerang, pun juga saat dalam posisi bertahan. Teknik pukulan terdiri dari pukulan bandul, pukulan tegak, pukulan melingkar, dan pukulan samping.

  • Teknik Tendangan
Baca juga:  Wajib Ngerti Apa itu Psikopat? Pengertian, Jenis dan Contohnya

Teknik tendangan juga termasuk kedalam salah satu teknik utama saat dalam posisi menyerang. Teknik tendangan dalam pencak silat terdiri dari, tendangan lurus, tendangan melingkar, tendangan jejag, tendangan sabit, tendangan T dan tendangan belakang.

  • Teknik Tangkisan

Teknik tangkisan merupakan teknik dasar utama dalam seni bela diri pencak silat, saat dalam posisi bertahan. Teknik tangkisan dalam pencak silat terdiri dari tangkisan satu lengan dan teknik tangkisan dua lengan.

  • Teknik Kuncian

Teknik dasar yang satu ini juga tak kalah pentingnya dengan teknik pukulan, tendangan pun juga tangkisan. Teknik kuncian berguna mematikan gerakan lawan dengan membidik pergelangan tangan, leher dan juga dagu.

sumber referensi ; https://www.99.co/blog/indonesia/teknik-dasar-pencak-silat/