Tak Sarankan Mandi Setiap Hari, Dokter Kulit Wajibkan Cuci 3 Bagian Tubuh Ini

Sumber: wolipop.detik

Mandi seperti menjadi satu aktivitas yang telah menjadi kebiasaan di kehidupan kita sehari-hari. Pasalnya, mandi merupakan aktivitas untuk tetap menjaga kebersihan. Namun, ternyata sejumlah pakar berpendapat bahwa mandi setiap hari tidak baik bagi tubuh, terutama kulit.

Dilansir dari Brightside, mandi terlalu sering dikatakan dapat mengakibatkan kulit menjadi kering, apalagi jika menggunakan sabun yang abrasif. Selain itu, sabun juga dapat mengikis kelenjar minyak dan lipid yang memiliki tugas mencegah inflamasi dan menjaga kulit tetap halus.

Dr. Chris kemudian menambahkan bahwa mandi setiap hari juga akan membunuh bakteri baik yang hidup di permukaan kulit. Bakteri tersebut bertugas mencegah peradangan pada kulit.

Namun, terlepas dari hal itu, seorang dermotologist, Sandy Skotnicki, MD, menyarankan agar tidak mandi setiap hari. Meski demikian, tidak mandi bukan berarti tidak menjaga ebersihan tubuh. Sandy menyarankan agar selalu membersihkan tiga bagian tubuh yang krusial ini.

Baca juga:  Heboh Istilah Flexing, Ajarkan Hal Ini Agar Anak Tidak Sombong di Media Sosial

1. Ketiak
Sangat penting menjaga kebersihan ketiak. Jadi di hari ketika tidak mandi, disarankan tetap membersihkan area ketiak. Bisa dengan mencucinya dengan air dan sabun mandi atau tisu basah yang memiliki kandungan antiseptik.

2. Selangkangan
Pangkal paha atau selangkangan merupakan area tubuh yang mudah lembap sehingga berpotensi jadi sarang bakteri dan jamur. Untuk itu penting membersihkan bagian tubuh ini setiap hari. Gosoklah area selang

3. Kaki
Kaki adalah bagian tubuh paling penting yang tidak boleh terlewat dibersihkan setiap hari. Sebab kaki bisa saja menginjak permukaan yang kotor dan menumpuk kotoran serta kuman. Terlebih lagi jika sehari-harinya kamu beraktivitas di luar menggunakan sepatu dan kaus kaki, karena kulit kaki akan lembap dan jadi sarang bakteri, jika tidak sering-sering dibersihkan.

Baca juga:  Inilah 6 Fakta Seru Sekuel Top Gun, Tom Cruise Lakukan Latihan di Air dan Udara

Kamu bisa cuci kaki dengan air dan sabun. Untuk efek relaksasi dan mengatasi lelah, merendam kaki di air hangat yang sudah diberi minyak esensial atau garam laut, bisa juga dicoba.
Sumber: wolipop.detik