Tak Perlu Tes Covid-19, Simak Syarat Mudik Bagi Anak Di Bawah Usia 6 Tahun

SUmber: popmama

Setelah dua tahun berturut-turut pemerintah tak mengizinkan mudik, kini masyarakat diperbolehkan mudik dengan syarat-syarat tertentu. Hal tersebut sebagai upaya untuk tetap mempertahankan angka terkendalinya Covid-19.

Pasalnya, meski kasus Covid-19 di Indonesia dapat dibilang cukup terkendali, akan tetapi bukan berarti masyarakat dapat melakukan aktivitas berkerumun tanpa mematuhi protokol kesehatan. Oleh karena itu, sebagai upaya pencegahan lonjakan kasus pascalebaran 2022, terdapat berebagai persyaratan khusus bagi para pemudik.

Melalui Satuan Tugas Penanganan Covid-19, pemerintah memperbarui aturan perjalanan dalam negeri. Tak hanya persyaratan untuk orang dewasa, pemerintah juga telah memberikan peraturan bagi anak-anak di bawah 6 tahun yang hendak melakukan perjalanan dalam negeri.

Dalam Surat Edaran yang ditetapkan oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana/Ketua Satgas Penanganan Covid-19, SUharyanto, mengatur persyaratan khusus bagi anak di bawah 6 tahun. Dalam aturan tersebut terdapat pengecualian soal syarat vaksinasi untuk mudik dan tidak wajib menunjukkan hasil tes PCR/Antigen.

Baca juga:  Tak Sarankan Mandi Setiap Hari, Dokter Kulit Wajibkan Cuci 3 Bagian Tubuh Ini

Sementara itu, bagi anak usia 6-17 tahun, persyaratan mudik sedikit berbeda.

“Untuk anak usia 6-17 tahun, tidak testing namun harus menunjukan vaksinasi dosis kedua,” ungkap Suharyanto dalam konferensi pers, Kamis (03/04) lalu.

Sumber: health.detik