Tak Perlu Bingung, Begini Cara Cegah Anak Ikut Tawuran

begini cara cegah anak ikut tawuran
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Salah satu kekhawatiran terbesar orang tua ketika anak beranjak remaja adalah bila anak terlibat tawuran. Tapi tenang, sebagai orang tua, anda tak perlu bingung, begini cara cegah anak ikut tawuran.

Keterlibatan anak dalam tawuran merupakan mimpi buruk bagi orang tua, sebab seorang anak akan beresiko terkena luka. Tak hanya luka fisik, namun bahkan juga bisa berpotensi menderita trauma mental bila terlibat dalam tawuran.

Baik tawuran antar sekolah, maupun tawuran antar kelompok pertemanan, semua hal tersebut tidak dapat dibenarkan dengan alasan apapun. Sehingga, orang perlu mengedukasi sebaik mungkin agar anak bisa memahami bahwa terlibat dalam suatu tawuran tidak dapat dibenarkan.

Begini Cara Cegah Anak Ikut Tawuran

Lalu, apakah hanya cukup dengan memberikan edukasi saja, agar anak tidak terlibat tawura? tentu tidak. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan agar anak tidak mudah terlibat dalam suatu tawuran.

Baca juga:  Begini, Cara Mengenali Perbedaan Telat Haid dengan Hamil

Memantau Setiap Kegiatan Anak

Hal pertama yang wajib dilakukan oleh orang tua agar anak tidak terlibat tawuran, yakni dengan selalu memantau setiap kegiatannya. Khususnya saat anak beraktifitas diluar rumah, orang tua perlu untuk memantau lingkungan tempat anak bermain. Mulai dari apa dan bagaimana kegiatannya saat bermain, hingga seperti apa latar belakang kehidupan teman-temannya.

begini cara cegah anak ikut tawuran
sumber gambar : unsplash.com

Mengenali Teman-Teman Bermain Anak

Tidak akan cukup bila anda sebagai orang tua hanya sebatas berupaya mencari informasi seputar latar belakang kehidupan teman anak anda. Anda juga perlu untuk mengenalinya secara langsung, agar bisa mendapatkan gambaran dan informasi yang jelas tentang teman-teman bermain anak anda.

Mungkin, cara tersebut sudah seperti dalam tahapan anda sedang menyelidiki dan menyeleksi orang yang menjadi teman bermain anak anda. Namun, hal itu tidak apa-apa, selama tidak mengusik privasi teman anak anda. Serta, agar memastikan supaya anak anda tidak terjebak dalam lingkungan pertemanan yang dekat dengan budaya tawuran.

Baca juga:  Beberapa Cara Melibatkan Anak dalam Pekerjaan Rumah

Berikan Pemahaman Intens dan Bertahap

Berikan pemahaman dan nasihat kepada anak anda tentang bagaimana seharusnya bersikap dalam lingkungan pertemanan. Lakukan pola komunikasi semacam ini secara intens dan bertahap, berikan gambaran tentang dampak buruk bila terlibat dalam suatu tawuran.

Berkonsultasi dengan Pihak Sekolah

Bila memang diperlukan, anda sebagai orang tua juga perlu untuk berkonsultasi dengan pihak sekolah. Tujuannya, agar baik orang tua maupun pihak sekolah sama-sama memberikan perhatian dan pantauan yang intens. Bahkan dalam perjalanannya, tidak menutup kemungkinan antara orang tua dan pihak sekolah akan menemukan solusi jitu agar menghindarkan anak dari keterlibatannya dalam suatu tawuran.