Simak Tips Menjalani Ramadhan Hemat Agar Pengeluaran Tidak Membengkak

Sumber: indiespot

Ramadhan selalu menjadi bulan yang dinanti-nantikan oleh umat Muslim. Pasalnya, bulan Ramadhan digadang-gadang oleh umat Muslim menjadi bulan melipatgandakan amal baik. Oleh karena itu, umat Muslim selalu mempersiapkan diri untuk menyambut datangnya bulan suci ini. Tak terkecuali juga menyiapkan finansialnya.

Bahkan, sejak sebelum bulan suci ini datang, banyak orang telah merencanakan agenda buka bersama dengan banyak kolega dan keluarga. Buka bersama atau ngabuburit sebenarnya hal yang wajar dan sah-sah saja jika dilakukan. Namun, jika hal tersebut dilakukan tanpa kontrol keuangan yang baik tentu saja akan membuat pengeluaran kita membengkak.

Belum lagi ditambah dengan pengelluaran yang lain, seperti membeli takjil, persiapan makan sahur dan yang lainnya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, berikut ini adalah tips yang bisa kita lakukan gar menjalani Ramadhan dengan hemat dan pengeluaran tidak membengkak.

Baca juga:  Cari Jasa Freight Forwarding Terpercaya di Indonesia? Ini Rekomendasinya

1. Buat rencana keuangan

Yang pastinya hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengatur anggaran selama bulan Ramadan. Kalau bisa sebelum mulai puasa kamu udah membuat rencana keuangan. Sebagai contoh, berikan budget untuk buka bersama, belaja kebutuhan sahur dan berbuka, pembelian takjil serta kebutuhan lainnya. Pisahkan anggaran yang telah ditentukan.

2. Catat pengeluaran harian

Supaya kamu tidak lupa kemana uang kamu pergi, alangkah baiknya jika kamu mencatat pengeluaran harian kamu. Hal ini akan membantu kamu untuk tetap komitmen dengan anggaran yang udah kamu buat sebelumnya, serta sebagai pengingat untuk tetap berhemat dan tidak mengeluarkan uang untuk hal yang tidak perlu.

Baca juga:  Berhasil Raih Rating Tinggi, Simak Sinopsis Drama Korea Bloody Heart yang Tayang di Disney+

3. Berbuka dan sahur di rumah

Biar pengeluaran kamu lebih hemat, usahakan
untuk lebih banyak berbuka dan sahur di rumah, ya. Karena gimana pun berbuka dan sahur di rumah akan sangat menghemat pengeluaran ketika bulan Ramadan, kamu bisa masak sendiri dan berkreasi mencari ide-ide makanan menarik yang bisa kamu nikmati di rumah. Sesekali buka di luar memang tidak ada salahnya, akan tetapi perlu kontrol yang baik.

4. Hindari pngelauran yang kurang penting

Agar pengeluaran bulan Ramadan nggak berlebih, kamu perlu menentukan prioritas dan cermat memilih mana kebutuhan dan mana keinginan agar kau nggak boros. Selain itu, jangan terbawa hawa nafsu saat ingin membeli sesuatu, apalagi soal makanan. Jangan semua-semua mau dibeli, padahal ujung-ujungnya nggak dimakan.

Baca juga:  Cek 11 Rekomendasi Drama Korea Bertema Romantis yang Diadaptasi dari Novel

5. Buat juga rencana untuk lebaran

Supaya nggak kebablasan, jangan lupa untuk membuat rencana keuangan untuk hari raya, ya. Seperti jika ingin berpergian, membeli pakaian lebaran, memberikan THR dan yang lainnya sehingga semuanya tetap stay on track.
Sumber: indiespot