Simak, Ini 5 Daftar Influencer dan YouTuber Investasi Bodong

Sumber: kompascom

Dalam kurun waktu belakangan ini, satu per satu influencer dan afiliator yang diduga terlibat dan menfasilitasi produk binary option serta broker ilegal di Indonesia mulai dipanggil oleh ihak kepolisian.

Sebelum akhirnya lima influencer dipanggil dan diperiksa, pihak Satgas Waspada Investasi (SWI) telah membuat pertemuan pada Februari lalu. Lantas siapa saja lima orang yang merupakan influencer serta afiliator kasus tersebut?

1. Indra Kenz

Penyidik telah menangkap dan menetapkan Indra Kenz sebagai tersangka pada Kamis (24/02) lalu. Dia menjadi tersangka kasus penipuan Binomo.

Indra Kenz kini terancam hukuman 20 tahun penjara atas dugaan tindak pidana judi online dan/atau penyebaran berita bohong melalui media elektronik dan/atau penipuan, perbuatan curang dan/atau TPPU.

Baca juga:  Besok, Jokowi Lantik Komisioner KPU dan Bawaslu

2. Doni Salmanan

Influencer Doni Salmanan (Doni Muhammad Taufik) telah ditahan atas kasus dugaan penipuan aplikasi Qoutex. Dilansir dari Kompas.com, Doni ditahan setelah menjalani pemeriksaan dan ditetapkan sebagai tersangka pada Selasa (08/03). Kini, dia terancam hukuman di atas 5 tahun penjara.

“Iya sudah ditahan di Rutan Bareskrim,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan.

3. Vincent Raditya

Sementara itu Vincent Raditya telah diminta oleh Satgas Waspada Investasi untuk menghentikan kegiatan promosi dan pelatihan trading serta menghapus semua konten promosi di medianya. Dia dikenal sering pamer hasil trading dari Oxtrade.

4. Erwin Laisuman

YouTuber Erwin Laisuman dikaitkan dengan dugaan penipuan via aplikasi Binomo. Dia diduga merupakan salah satu mitra aplikasi Binomo yang diperoleh dari pengembangan pemeriksaan tersangka Indra Kesuma alias Indra Kenz.

Baca juga:  Sedang Trending di YouTube, Fabio Asher 'Rumah Singgah', Ini Lirik Lagunya

Pada Selasa (08/03) lalu, dia dipanggil kepolisian, namun mangkir. Diberitakan Kompas.com, Kamis (10/3), kabar terbaru yang ada menyatakan Erwin telah diperiksa oleh kepolisian. Hal itu disampaikan oleh Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan.

“Anggota kami ke Medan memeriksa. Pemeriksaan di Medan,” kata Whisnu.

5. Kenneth William

Kenneth William adalah seorang YouTuber. Dia diduga ikut mempromosikan pelatihan trading. Bahkan dia mempunyai website untuk pelatihan. Kenneth William ikut dipanggil oleh Satgas Waspada Investasi beberapa waktu lalu bersama 4 orang di atas.
Sumber: kompascom