Simak Cara Mencintai Diri Sendiri Agar Mental Lebih Baik

Sumber: indiespot

Kata Selflove atau mencintai diri sendiri menjadi istilah yang sudah tak asing lagi bagi masyarakat. Mencintai diri sendiri berarti menerima kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh diri sendiri.

Namun, perlu diketahui bahwa mencintai diri sendiri bukan berarti mengharuskan memenuhhi semua keinginan diri. Akan tetapi kita hanya bisa mengharuskan seseorang untuk mempperlakukan diri dengan baik dan menerima apa adanya diri kita.
Selflove dapat memberikan rasa percaya diri dan memberikan pikiran yang positif terhadap diri sendiri. Hal tersebut tentu akan sangat berguna bagi kesehatan mental seseorang.

Nah, berikut adalah beberapa cara untuk mencintai diri sendiri agar kesehatan mental lebih baik.

1. Mengenal diri sendiri dengan baik

Yang paling mengetahui diri kita sebenarnya adalah kita sendiri, bukan orangtua, sahabat, pasangan, saudara atau yang lainnya. Melainkan hanya diri kita sendiri yang mengetahui segala hal dalam diri kita. Jika ingin mulai mencintai diri sendiri, maka coba kenali orang seperti apakah kamu. Apa yang diri kamu sukai dan apa yang kamu benci. Cobalah untuk memahami karakter dan kepribadian diri kalian, ya!

Baca juga:  Miyabi Trending Topik Bakal ke Jakarta, Ini Deretan Aktivitasnya Ketika di Indonesia

2. Apresiasi hal yang dilakukan

Untuk menyenangkan diri sendiri, sebuah apresiasi sangatlah penting. Suatu apresiasi kecil akan membuat diri merasa mampu dan pantas untuk mendapatkannya. Maka dari itu, mulailah untuk mengapresiasi hal-hal yang dilakukan diri, walaupun itu hanya hal kecil semata. Misalnya seperti, jika kita sudah melakukan tugas yang sangat berat maka coba katakan pada diri sendiri kerja bagus kamu orang yang hebat banget. Itu contoh yang sangat mudah yang bisa diterapkan.

3. Maafkan kesalahan yang telah dilakukan

Kalimat yang harus diingat oleh semua orang adalah “tidak ada manusia yang sempurna dalam menjalani kehidupannya”. Manusia nggak akan terlepas dengan yang namanya kesalahan. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan besar ataupun kecil. Apabila diri kita telah melakukan kesalahan, cobalah sebisa mungkin untuk memaafkannya dan menerima kesalahan itu.

Baca juga:  Kocak! Inilah Tanggapan Ridwan Kamil atas Ucapan Tiara Marleen yang Mengaku sebagai Saudaranya

4. Nggak Membanding-bandingkan diri dengan orang lain

Sejatinya manusia memang diciptakan berbeda-beda dan setiap orang pasti sudah memiliki rezekinya masing-masing. Maka dari itu, membandingkan diri dengan orang lain malah akan menghilangkan kepercayaan diri sendiri. Fokuslah pada diri sendiri untuk selalu memperbaiki diri menjadi manusia yang lebih baik. Cobalah untuk selalu mensyukuri dan menerima apa yang ada di diri kita.

5. Hindari diri dari pergaulan yang toxic

Mulai sekarang ini, perhatikanlaj pergaulan yang kita miliki. Apakah pergaulan itu membawa pengaruh baik atau malah membawa pengaruh yang buruk untuk diri kita sendiri. Cobalah untuk lebih menyadari dan berhati-hati akan hal itu. Seharusnya bertemanlah dengan orang-orang yang dapat membawa pengaruh yang baik, seperti orang yang selalu positif dalam menjalani kehidupan, orang yang berwawasan luas dan selalu mengajak kepada arah kebaikan.

Baca juga:  Heboh Thariq dan Fuji Disebut Bakal Punya Program TV Bareng di TransTV

6. Berilah waktu untuk diri sendiri

Salah satu hal yang penting dalam self love yaitu luangkanlah waktu untuk diri sendiri atau yang sekarang disebut dengan me time. Ternyata ini sangat dibutuhkan lho!! Ketika me time, kamu dapat melakukan hal yang kamu sukai, seperti mendaki gunung, membaca buku, menonton film, atau ingin melakukan perawatan diri.
Sumber: indiepost