Simak Aturan yang Berlaku di RI, Ini Jarak Vaksin Ke-2 dan Ke-3

Sumber: health.detik

Baru-baru ini, masyarakat banyak bertanya mengenai vaksin dosis ke-3. Pasalnya, banyak yang belum mengetahui berapa jarak antara vaksin ke-2 dan ke-3. Banya pula masyarakat yang berkeinginan segera mendapatkan vaksin booster.

Apalagi, beredar kabar bahwa Presiden RI, Joko Widodo telah resmi mengumumkan bahwa salah satu dari sejumlah syarat mudik lebaran adalah vaksin booster. Hal tersebut juga berlaku bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan luar negeri maupun dalam negeri.

“Bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik lebaran juga dipersilahkan, juga diperbolehkan. Dengan syarat sudah mendapat dua kali vaksin dan satu kali booster,” ungkap Jokowi dalam konferensi pers yang disiarkan Sekretariat Presiden, Rabu (23/3/2022).

Baca juga:  Heboh! Imbas Pembangunan Jalan Tol KLBM, 390 Makam Dibongkar Banyak Jenazah Masih Utuh

Walaupun diperbolehkan mudik, ia juga mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjauhi kerumunan, dan rajin mencuci tangan.

“Semoga tren membaik ini dapat kita pertahankan saya minta semua disiplin menggunakan masker raji mencuci tangan dan menjaga jarak,” pesan dia.

Lantaran vaksin booster kini jadi syarat mudik, lantas, berapa jarak vaksin ke-2 dan ke-3? Simak informasi berikut.

Jarak vaksin ke-2 dan ke-3 tertulis di dalam syarat vaksin booster yang telah disesuaikan pemerintah. Adapun syaratnya sebagai berikut.

Sudah divaksin lengkap (dosis 1 dan 2) minimal 3 bulan sebelumnya

Bagi penyintas COVID-19 gejala ringan/sedang, booster akan diberikan setelah 1 bulan sembuh

Bagi penyintas COVID-19 bergejala berat, booster akan diberikan setelah 3 bulan sembuh

Baca juga:  Heboh Nikita Mirzani Buat Aduan ke Propam Mabes Polri, Soal Apa?

Usia minimal 18 tahun ke atas, (prioritas untuk kelompok lanjut usia dan komorbid).
Sumber: health.detik