Simak 7 Langkah Mudah Daftar dan Aktifkan Akun Belajar.id dari Kemdikbudristek

Saat ini berbagai fitur pembelajaran secara online telah tersedia bagi kamu. Salah satunya adalah Akun Pembelajaran yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Ristek atau Kemdikbudristek.

Akun Pembelajaran diberikan kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari berbagai satuan pendidikan, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan.

Dengan akun ini, maka proses belajar dan mengajar jadi lebih mudah.

Dikutip dari belajar.id, Senin (21/2/2022), dengan Akun Pembelajaran, Anda bisa mengakses berbagai kebutuhan kegiatan belajar mengajar, mulai dari mengakses platform Kemdikbudristek sampai beragam aplikasi yang akan memudahkan kegiatan belajar mengajar, baik secara tatap muka ataupun jarak jauh.

Seperti Panggilan Video, Aplikasi Merdeka Mengajar, Penyimpanan Daring, Penyimpanan Daring, Kelas Daring, Chromebook, Presentasi Daring, Formulir Daring, Dokumen Daring, SIMPKB, Pengolah Angka, TanyaBOS, dan Rumah Belajar. Berikut cara mendapat Akun Pembelajaran (Belajar.id) dan mengaktifkannya.

1. Silakan buka laman https://belajar.id/

Untuk memeriksa ketersediaan akun dengan cara memaksukkan data diri seperti nama lengkap, jenis pengguna, tanggal lahir, dan NPSN.

Baca juga:  Mengapa Indonesia Harus Terlibat Dalam Perdamaian Dunia? Ini Alasannya

2. Dapatkan detail akun pembelajaran Anda

Untuk mendapatkan detail akun pembelajaran silakan klik: kirim detail akun email pribadi

3. Periksa detail akun pembelajaran Anda di email pribadi

Perika kotak masuk email pribadi. Anda akan mendapatkan identitas pengguna (user id) dan kata sandi (password) akun Pembelajaran Anda.

4. Segera aktifkan akun

Untuk mengaktifkan akun Pembelajaran, silakan buka laman https://mail.google.com/. Kemudian masuk dengan identitas pengguna (user ID), dan kata sandi yang dikirim ke email Anda.

5. Setujui syarat dan ketentuan yang berlaku

Setelah berhasil masuk dengan Akun Pembelajaran, harap baca dan dicermati syarat dan ketentuan yang berlaku. Selanjutnya tekan ‘terima’.

6. Selangkah lagi akun Anda siap digunakan Anda akan diarahkan untuk mengganti kata sandi.

Silakan masukkan kata sandi baru dengan minimum 8 karakter.

Baca juga:  Daftar Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2022 Versi UniRank

7. Akun Anda siap digunakan

Setelah mengganti kata sandi, Anda masuk ke dalam email Akun Pembelajaran. Dengan demikian, Akun Pembelajaran sudah aktif dan siap digunakan.

 

Sumber:

https://kabar24.bisnis.com/read/20220221/79/1502882/7-langkah-cara-daftar-dan-aktifkan-akun-belajarid