Simak 5 Rekomendasi Makanan Sehat dan Praktis untuk Sahur dan Berbuka Puasa Selama Ramadhan

Ada banyak makanan yang bisa menjadi pilihan untuk berbuka puasa dan sahur di bulan Ramadan. Tapi, tidak semua makanan bisa memenuhi gizi di saat Anda berpuasa seharian penuh.

Ahli gizi klinis Putri Sakti dan Chef Norman Ismail membagikan beberapa makanan yang dianjurkan masuk dalam daftar berbuka dan sahur di Ramadan kali ini.

“Makanan-makanan ini bergizi, nutrisi seimbang dan kaya vitamin sehingga bisa memenuhi kebutuhan harian tubuh saat berpuasa,” kata Putri dalam webinar Bincang Shopee, Selasa (30/3).

Tentunya, makanan ini juga mudah diolah bahkan bisa dikonsumsi secara langsung. Berikut beberapa makanan yang dianjurkan masuk dalam daftar berbuka puasa dan sahur di Ramadan kali ini.

1. Steam ikan atau ayam

Steam termasuk cara memasak yang tergolong mudah dan cocok dikonsumsi saat sahur. Menurut Putri, makanan ini sehat, bergizi, dan tidak memerlukan minyak.

Baca juga:  Kenal Lebih Dekat, Cha Jun Hwan, Skater Asal Korea yang Mencuri Perhatian di Olimpiade Beijing 2022

“Ikan bisa dimarinasi saat malam setelah tarawih, simpan di kulkas. Bumbunya tinggal dipotong-potong, kukus ikan paling lama 15 sampai 20 menit, sudah jadi,” kata dia.

2. Nasi campur chia seed

Jika tidak suka nasi merah, Anda bisa mencampur nasi putih dengan biji chia saat memasak. Ini cocok agar nasi yang dikonsumsi juga kaya serat.

3. Sop ayam

Sop ayam, selain enak, juga bergizi tinggi. Sayuran di dalam sop juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda.

4. Ubi dan singkong rebus

Chef Norman menyebut, ubi dan singkong rebus baik untuk mengganti asupan karbohidrat. Kedua makanan ini juga sehat dan cukup enak, bisa dimakan saat berbuka atau sahur.

Baca juga:  Heboh Penampilan Baru Ariel NOAH Pakai Kacamata, Ini Harganya!

“Daripada memilih gorengan, lebih baik makan kentang atau ubi rebus,” kata dia.

5. Buah-buahan

Norman menyebut, berbuka dengan gorengan hampir selalu menjadi pilihan berbuka masyarakat Indonesia. Tapi, alangkah baiknya jika makanan yang dikonsumsi saat berbuka adalah buah-buahan yang tinggi serat dan kaya vitamin serta mineral.

“Bisa makan buah naga, melon, pisang atau apel saat berbuka. Ini pilihan yang bagus daripada makan gorengan,” kata dia.

 

 

Sumber:

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220331190909-267-778598/5-rekomendasi-makanan-sehat-dan-praktis-untuk-sahur-dan-berbuka-puasa