Sidang Kuliah Adalah Apa?

Foto oleh Yan Krukov dari Pexels

Sebelum menyandang gelar sarjana, mahasiswa harus menyelesaikan seluruh mata kuliah yang berada di masing-masing program studi. Terdapat mata kuliah yang dapat dikatakan menjadi gerbang seseorang memperoleh gelar sarjana yaitu menyelesaikan tugas akhir atau skripsi.

Skripsi kemudian akan disidangkan atau sidang kuliah akhir sebagai penanda tugas tersebut telah selesai. Sidang kuliah adalah sidang yang dilakukan di semester akhir masa perkuliahan dengan tujuan untuk mengevaluasi tugas akhir yang dibuat oleh mahasiswa.

Dalam proses penyelesaian tugas akhir tersebut, mahasiswa akan dibimbing oleh 2 orang dan saat sidang akan diuji oleh 2 orang pula. Karena menjadi tugas akhir tak heran jika banyak yang cemas karena bayangan menakutkan saat sidang kuliah.

Baca juga:  Harga Paket Brain Academy SD, Termurah dan Berkualitas!

Memang wajar jika banyak yang merasa cemas dan khawatir, pasalnya dalam menyelesaikan tugas akhir tersebut, mahasiswa harus berhadapan dengan dosen yang memiliki berbagai macam karakter. 

Memahami Sidang Kuliah

Sidang kuliah adalah sidang yang akan dihadapi setiap mahasiswa di berbagai perguruan tinggi terkhusus program strata 1 sebagai evaluasi dari tugas akhir (skripsi) atau karya ilmiah yang telah dibuat. Skripsi menjadi bukti bagi setiap mahasiswa bahwa mereka mampu menyusun penelitian berdasarkan sistematika penulisan yang benar sesuai kaidah yang berlaku. 

Setiap perguruan tinggi memiliki ketentuan berbeda-beda terkait sidang kuliah ini. Ada yang menetapkan sidang kuliah dilakukan 2 kali yaitu untuk ujian proposal dan ujian hasil penelitian atau ujian tutup. Ada pula yang menerapkan sidang kuliah dilakukan sebanyak 3 kali, yaitu sidang proposal, sidang hasil penelitian dan sidang tutup. 

Baca juga:  Bagaimana Proses Terjadinya Air? Begini Siklusnya!

Bagaimana Cara Membuat Tugas Akhir yang Baik?

Sebagian besar mahasiswa mungkin saja menganggap sidang kuliah adalah hal yang menakutkan, sehingga perlu adanya persiapan yang matang dan membuat skripsi sebaik mungkin. Berikut ini beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk menghasilkan skripsi yang memuaskan:

  • Tentukan topik apa yang ingin dijadikan penelitian dengan memperhatikan unsur kebaruan atau belum diteliti orang lain sebelumnya
  • Buat latar belakang yang jelas, tajam dan dapat terukur
  • Buat rumusan masalah yang ringkas dan tidak ambigu 
  • Menentukan teori pokok sebagai landasan penelitian yang dibuat
  • Tentukan metode penelitian apa yang akan digunakan untuk menjawab rumusan masalah
  • Menulis hasil penelitian dan pembahasan dengan konsisten dan dapat menjawab rumusan masalah yang dibuat
Baca juga:  Bagaimana Cara Memainkan Alat Musik Tamborin? Ini Jawabannya

Itulah penjelasan singkat tentang sidang kuliah yang mungkin perlu kamu ketahui. Bagi kamu yang akan menghadapi sidang skripsi, semoga berhasil dan hasilnya memuaskan ya!