Yuk Cek Sertifikat yang Bisa Dilampirkan di SNMPTN!

sumber gambar : inews.id

Halo pejuang PTN! Apakah kalian sudah melakukan persiapan untuk pendaftaran SNMPTN? Salah satu persyaratan administrasi di SNMPTN 2022 ialah melampirkan sertifikat. Teruntuk siswa eligible, apa kalian sudah tahu sertifikat yang bisa dilampirkan di SNMPTN? Pertama-tama kita akan membahas ketentuan sertifikat yang dapat dilampirkan, kemudian masuk pada tips jenis sertifikat yang menyumbang poin besar sehingga mendongkrak kelolosan SNMPTN. 

Sertifikat merupakan nilai tambah dalam SNMPTN. Ada banyak pilihan bidang prestasi yang tentu bisa dilampirkan. Misalnya, mungkin kalian mempunyai prestasi juara di bidang olahraga tapi beregu, sertifikat grup itu bisa dilampirkan. Teman-teman harus melampirkan sertifikat-sertifikat bidang prestasi berdasarkan kriteria yang tertera dalam website pendaftaran SNMPTN. Jumlah maksimal yang dilampirkan SNMPTN adalah tiga. Pemilihan tingkat sertifikat ada sekolah, kabupaten, provinsi, nasional, dan internasional. Sertifikat atau piagam penghargaan yang dapat dilampirkan tidak lebih dari tiga tahun sejak kalian mendapatkannya, serta sebaiknya disesuaikan dengan jurusan impian di PTN yang dituju. Sebagai contoh, jika ingin mendaftar ke jurusan Teknik Kimia, maka sertifikat OSN (Olimpiade Sains Nasional) bidang lomba Kimia yang dilampirkan.

Baca juga:  Bagaimanakah Proses Terjadinya Efek Rumah Kaca
                                          sumber gambar : campuspedia.id

 

 Ada 6 jenis sertifikat penunjang keberhasilan SNMPTN di antaranya :

  1.   OSN (Olimpiade Sains Nasional)

Adapun bidang ilmu yang dilombakan pada kompetisi ini, yaitu Ekonomi, Geografi, Kebumian, Biologi, Astronomi, Informatika, Matematika, Kimia, dan Fisika. Minimal tingkat provinsi.

  1.  O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional)

Olimpiade ini mencakup atletik lari, lompat jauh, bulutangkis, karate, pencak silat, dan renang. Minimal tingkat provinsi.

  1.  Lomba Debat atau Cerdas Cermat

Khusus tingkat Nasional atau Internasional. Sebagai contoh, Kementerian Keuangan RI pada tahun ini menyelenggarakan Olimpiade APBN, khususnya Lomba Cerdas Cermat untuk siswa SMA/SMK/MA.

  1.  Sertifikat Keahlian Khusus

Untuk siswa SMK dalam memperlihatkan keahlian khusus di jurusannya. Sebagai contoh, sertifikat keahlian khusus di teknologi informatika.

  1.  Sertifikat Lomba Karya Ilmiah Remaja
Baca juga:  Bagaimana Sejarah Perkembangan Agama dan Kebudayaan Hindu Budha di Indonesia?

Salah satu lembaga yang menyelenggarakan kompetisi atau Lomba Karya Ilmiah Remaja adalah LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Dalam LKIR ada beberapa kategori bidang keilmuan yang dilombakan: Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan, Ilmu Pengetahuan Hayati, Ilmu Pengetahuan Teknik, dan Ilmu Pengetahuan Kebumian dan Kelautan.

  1.  FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional)

Jika mengacu pada laman Pusat Prestasi Nasional Kemdikbud, FLS2N membagi bidang lomba menjadi dua kategori, yaitu Seni Pertunjukan dan Seni Penciptaan.

Jika sertifikat atau piagam penghargaan yang dimiliki berasal dari bidang lomba, Desain Poster, Film Pendek, Komik Digital, dan lain sebagainya, jangan sia-siakan kesempatan itu untuk melampirkannya.

Jangan khawatir jika tidak mempunyai 6 sertifikat tersebut, masih bisa melampirkan sertifikat lainnya asalkan diperhatikan pihak penyelenggara, tingkat, serta kategori juara yang kalian dapatkan. Selain sertifikat atau piagam penghargaan, jangan lupa juga untuk menjaga nilai rapor. Selalu berdoa dan jangan patah semangat. Demikian tips lolos dan sertifikat yang bisa dilampirkan di SNMPTN, semoga bermanfaat.

Baca juga:  Bagaimana Proses Pembuatan Biogas? Ini Penjelasannya!

 Sumber :

https://edukasi.okezone.com/amp/2021/12/06/65/2512725/cek-di-sini-berikut-jenis-sertifikat-yang-bisa-dilampirkan-untuk-snmptn?page=1