Seni Budaya Menggambar Model yang Harus Kamu Tahu

Sumber gambar: mojaveexperiment

Materi seni budaya menggambar model dipelajari saat berada di kelas 8. Seni menggambar model adalah salah satu cara menggambar yaitu dengan melihat model atau objek tertentu yang ditempatkan secara langsung di depan orang yang ingin menggambar.

Menggambar model diawali dengan menentukan objek apa yang hendak digambar terlebih dahulu, baik itu manusia, hewan, tumbuhan, maupun benda mati. Agar hasil gambar model menarik, maka saat menggambar perlu diperhatikan prinsip dan teknik yang digunakan. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut ini. 

Apa itu Seni Menggambar Model?

Dalam materi seni budaya menggambar model diartikan sebagai sebuah kegiatan menggambar dengan menentukan objek 3 dimensi, yang akan dituangkan pada sebuah bidang datar (2 dimensi) dengan memperhatikan ketepatan bentuk dan warna sehingga gambar yang dihasilkan menyerupai aslinya. 

Baca juga:  Cari Tahu Disini, Rekomendasi Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak,

Prinsip Menggambar  Model

Dalam proses menggambar model, ada berbagai prinsip yang digunakan agar pelukis dapat menghasilkan gambar yang indah dan menarik. Adapun prinsip-prinsip tersebut adalah sebagai berikut ini:

  1. Komposisi

Komposisi atau cara pengaturan objek meliputi, bentuk dan jenis objek, warna dan background objek yang digambar. Objek harus diatur sedemikian rupa agar menghasilkan karya yang bagus.

  1. Proporsi

Proporsi artinya gambar yang dihasilkan dapat terlihat sama dengan aslinya namun dengan ukuran yang berbeda. Perlu ada perbandingan atau skala yang digunakan agar gambarnya tampak terlihat lebih nyata. 

  1. Keseimbangan

Keseimbangan disini maksudnya perlu ada keselarasan antara objek, bidang gambar dan gambar yang dihasilkan. Pelukis atau penggambar bisa membuat skala tertentu dan menggambar objek sesuai perspektif atau caranya melihat objek. 

  1. Kesatuan 
Baca juga:  Rekomendasi Cafe di Bandung yang Instagramable dan Asyik Buat Nongkrong

Kesatuan dalam menggambar model maksudnya mengatur objek yang hendak digambar agar tampak serasi dan saling menyatu. Prinsip ini membuat gambar yang dihasilkan tampak nyata dan memperlihatkan hubungan antar objek yang digambar. 

Teknik Menggambar Objek

Teknik yang digunakan saat menggambar ada berbagai cara, salah satunya sebagai berikut ini:

  1. Teknik Arsir

Teknik ini lebih menekankan pada menggambar dengan kekuatan garis. Menggambar dibuat dengan garis berulang-ulang sehingga memperlihatkan kesan gelap dan terang. 

  1. Teknik Dussel

Teknik ini dilakukan dengan menggosok gambar yang sudah dicoret pada kertas, bisa menggunakan jari atau kapas sehingga garis yang dibuat tidak kelihatan. 

  1. Teknik Aquarel

Menggambar objek dengan teknik ini dilakukan menggunakan cat air untuk menghasilkan warna yang transparan.

Baca juga:  Nasib Cinta Beberapa Zodiak Pada Pekan Ini

Itulah penjelasan singkat tentang materi seni budaya menggambar objek. Semoga membantu dan memudahkan kamu memahami materi tersebut.