Sempat Heboh! Berikut 6 Fakta Program International Baccalaureate yang Diambil Wirda Mansur di Oxford

Sumber: detikcom

Beberapa waktu lalu, nama wirda mansur sempat menjadi sorotan di berbagai media sosial lantaran ia dtuding melakukan pembohongan publik terkait studinya di oxford. Terkait hal tersebut ia pun telah memberikan klarifikasi dengan menyatakan bahwa ia memang kuliah di kampus tersebut, akan tetapi tak sampai selesai.

Fakta terbaru yang dapat diketahui dari fenomena tersebut bahwa Wirda Mansur sebenarnya mengikuti program International Baccalaureate (IB). Putri sulung Yusuf Mansur tersebut telah memberikan klarifikasi melalui video unggahannya bahwa ia bukan lulusan mahasiswa Oxfor University. Ia mengaku bahwa itu sebuah keslahpahaman.

Namun, pihaknya membenarkan bahwa ia memang mengikuti pendidikan International Baccalaureate (IB) di Oxford University, akan tetapi bukan untuk kuliah.

Baca juga:  Intip Potret Jerry Yan Berusia 45 Tahun yang Nyaris Tak Menua, Dulu Jadi Pemeran Tao Ming Tse di Meteor Garden

“Tahun 2017, itu dalam keadaan belom selesai SMA ya, gue ambil IB di Oxford. Nah, sampai di sini tricky, itu IB bukan kuliah tapi setara sama SMA. Sama aja kalau mau lulus SMA ngambil IB. Gue ambil programnya juga nggak sampai selesai,” ujar Wirda dalam video yang diunggah, Minggu (27/2) malem.

Lantas, sebenarnya apa sih program IB di Oxford University yang diikuti Wirda Mansur? Dilansir dari suara.com, berikut 6 fakta yang berhasil dirangkum dari situs resmi Baccalaureate (IB).

1. Program Pendidikan Asal Swiss
IB yang diikuti Wirda adalah salah satu program pendidikan internasional dalam bentuk nirlaba yang tidak hanya ada di Oxford University, tapi juga ada di 5.400 sekolah maupun universitas di 159 negara, dan terdiri dari lebih dari 7.500 program pendidikan yang ditawarkan.

Baca juga:  Heboh Live TikTok 24 Jam, Caisar Ungkap Penghasilannya Bikin Geleng-Geleng

2. Pendidikan untuk Siswa Usia 3-19 Tahun
Untuk bisa mengikuti program IB bisa melalu jalur pendidikan internasional, dari siswa sekolah atau mahasiswa universitas yang bekerjasama dengan IB, maupun bisa mendaftar secara individu ke program tersebut.

3. Diajarkan dalam 3 Bahasa
Mengingat IB adalah program belajar internasional, maka bahasa yang digunakan umumnya bahasa internasional yang mudah digunakan, yaitu bahasa Inggris, Perancis dan Spanyol.

4. Fokus Kemampuan Siswa Berpikir Kritis
Sama seperti pembelajaran untuk siswa SD, SMP, dan SMA, namun IB fokus membangun proses berpikir kreatif dan kritis siswa. Sehingga ia jadi ingin lebih tahu dan mampu memecahkan masalah kompleks.

5. Biaya IB dari Individu dan Sumbangan Negara
Selain mengharuskan siswa membayar biaya pendidikan, biaya ujian dan biaya lain. IB juga kerap mendapat sumbangan dari negara atau sekolah yang bekerjasama, khususnya apabila harus menyandingkan dengan kurikulum nasional negara tersebut.

Baca juga:  Viral! Harga Kapal Cepat dan Supermewah Milik Tom Brady yang Dilengkapi Fasilitas Hotel Bintang 5

6. Program IB juga Ada di Indonesia
Lantaran IB ada hampir ada di seluruh dunia, termasuk Indonesia yang memiliki 63 sekolah yang bekerjasama dengan IB.
Sumber: suaracom