Seminar Hasil Adalah Tahapan Kelulusan yang Wajib Kamu Ketahui

Seminar Hasil Adalah
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Seminar Hasil Adalah Tahapan Kelulusan yang Wajib Kamu Ketahui, tapi sejauh mana kamu bisa memahaminya, semua terjawab disini. Artikel kali ini akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan seminar hasil, sebagai salah satu tahapan kelulusan untuk menjadi seorang sarjana.

Jalan panjang seorang anak muda meraih gelar sarjana tentu dimulai saat dirinya sedang bersaing dengan ribuan peserta lainnya dalam seleksi masuk. Lalu kemudian, setelah resmi diterima dan dinyatakan secara sah menjadi mahasiswa, harus menjalani sederet perkuliahan beserta tugas-tugas yang menyertai.

Kemudian, memasuki semester 7-8, seorang mahasiswa akan mulai menjalani satu per satu tahapan untuk segera lulus dari masa studi perguruan tingginya. Nah, salah satu dari sekian banyaknya tahapan kelulusan tersebut ialah seminar hasil. Tahukah kamu apa yang dimaksud seminar hasil?

Pengertian ‘Apa itu Seminar Hasil?’

Seminar Hasil adalah proses tahapan kelulusan yang mulai dijalani setelah seorang mahasiswa menjalani babakan fase penelitian. Artinya, seorang mahasiswa dalam tugas akhirnya sudah dipastikan telah menyelesaikan bab hasil beserta pembahasan untuk bisa menapaki fase seminar hasil.

Baca juga:  Rumus Keliling Persegi Apa Saja? Cari Tahu Cara Paling Mudah Disini

Menariknya, prosesi pelaksanaan seminar hasil tidak menuntut seorang mahasiswa untuk menyertakan hasil dari kesimpulan penelitian dan juga saran terkait. Sebab, prosesi pelaksanaan seminar proposal hanya bertitik fokus pada pembahasan dan juga hasil penelitian yang telah terlaksana.

Artinya, bagaimana hasil penelitian yang dilakukan, bagaimana relevansi keterkaitan beserta penilaiannya hanya akan dibahas pada saat sidang akhir. Namun, menariknya, ternyata tidak semua kampus menyertakan seminar hasil sebagai salah satu tahapan proses menuju kelulusan bagi para mahasiswanya.

Seminar Hasil Adalah
sumber gambar : unsplash.com

Singkatnya seperti ini ;

  • Ada kampus yang menyantumkan seminar proposal sebagai salah satu tahapan proses kelulusan, namun tidak menyertakan semhas.
  • Ada juga kampus yang menyertakan seminar hasil sebagai salah satu tahapan proses kelulusan, namun juga meniadakan seminar propsal.
  • Serta, ada juga kampus maupun jurusan yang sama menyertakan seminar hasil dan seminar proposal sebagai serangkaian tahapan proses kelulusan yang wajib dijalani.
Baca juga:  Bakal Habis, Inilah Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Waktu Pelaksanaan Seminar Hasil

Pelaksanaan seminar hasil tentu jelas berbeda dengan waktu pelaksanaan seminar proposal. Bila seminar proposal dilaksanakan tepat sebelum seorang mahasiswa terjun melakukan penelitian, maka sebaliknya dengan pelaksanaan seminar hasil.

Seminar hasil tepat dilaksanakan setelah seorang mahasiswa selesai terjun ke lapangan penelitian, prosesi seminar hasil dilaksanakan untuk memaparkan hasil penelitian. Namun, proses penilaian dari penelitian tersebut tidak akan dibahas saat seminar hasil, namun akan dibahas saat sidang akhir.

Jumlah Bab dalam Seminar Hasil

Proses pengerjaan Bab dalam seminar hasil berbeda dengan seminar proposal. Seseorang yang hendak menjalani seminar hasil wajib menyelesaikan Bab IV dan V, selain bab sebelumnya yang sudah dikerjakan saat seminar proposal.

Baca juga:  Daftar Rekomendasi Buku Sejarah untuk Pelajar dan Mahasiswa

Materi Pengujian Seminar Hasil

Materi Pengujian pada seminar hasil jauh lebih luas ketimbang penilaian saat seminar proposal, sebab penilaiannya juga meliputi hasil data. Serta pembahasan yang dilakukan untuk menguji Hipotesis penelitian didalamnya.

Mekanisme Revisi Seminar Hasil

Mekanisme revisi saat seminar hasil juga jauh lebih tidak terduga, bisa saja seorang mahasiswa tidak hanya akan mendapat revisi pada Bab IV dan V. Tapi juga bisa saja mendapatkan kembali revisi pada Bab I. II dan III dalam konteks penyesuaian dan juga perbaikan.

 

sumber referensi : https://belajarkreatif.org/inilah-perbedaan-seminar-proposal-dan-seminar-hasil-yang-wajib-diketahui/