Selain Adsense, Ini Dia Sumber Pendapat YouTuber yang Lain

Pixabay.com

Menjadi YouTuber merupakan salah satu profesi yang diminati banyak kalangan saat ini. Sebab, pendapatan dari bermain YouTube bisa dibilang cukup fantastis. Sebutkan saja deretan YouTuber Indonesia seperti Ata Halilintar dan Ria Ricis. Mereka dapat meraup uang milyaran rupiah per tahunnya.

Tentunya untuk sampai pada hasil memuaskan seperti yang diraup Ricis perlu usaha yang giat juga. Agar channel YouTube kita dapat menghasilkan uang, kita harus menyiapkan konten yang menarik. Sebab, channel YouTube yang dapat menghasilkan banyak uang biasanya channel yang sudah besar atau telah memiliki banyak subscriber.

Lalu dari mana saja sih pendapatan seorang YouTuber? Kok bisa sampai milyaran? Nah berikut 10 sumber pendapatan YouTuber yang dirangkum Blog YouTube dalam Info Komputer.

Shorst Fund

YouTube merilis program monetisasi baru yang bertujuan untuk memberikan dukungan kepada konten kreator. Dengan program Shorst Fund, konten kreator bisa memperolah sumber pendapatan  lain. Konten kreator yang dapat menghasilkan video Shorst menarik dan banyak dilihat selama tahun 2021 sampai 2022 berekesempatan untuk masuk ke program ini.

Jadi, konten kreator yang dapat masuk dalam kriteria program ini akan mendapat penghasilan sebesar 100 hingga 10.00 dollar AS per bulannya. Nilai tersebut setara dengan 1,4 hingga 100 juta dalam rupiah.

Baca juga:  Heboh Curhatan Mahasiswi Jogja Usai Pasang Kateter ke Pasien Pria

Iklan / Adsense

Adsense merupakan program kerja sama periklanan yang dikelola oleh Google. Jadi melalui program ini, youtuber dapat memperoleh iklan. Syarat untuk mendapatkan adsense adalah akun YouTube harus sudah memiliki minimal 1.000 subscriber dan 4.000 jam tayang selama 12 bulan terakhir. Jika akun Google sudah tertaut dengan adsenese, maka  setiap video yang ditonton minimal 30 detik akan dihitung dan dikonversikan ke adsense.

Untuk dapat menghitung pendapatan dari adsense, kita dapat menggunakan CPM (Cost per Milles). Yaitu bayaran yang diberikan Youtube setiap kelipatan 1.000 view. Nilai CPM dapat berbeda-beda untuk setiap negara. Pendapatan dari adsense juga fluktuatif tergantung yang memasang iklan.

YouTube Premium

Harga Youtube Premium di Indonesia - Dapat Apa Saja Ya..? | Rindi Tech
rinditech.com

YouTube Premium merupakan fasilitas yang disediakan YouTube untuk penggunanya agar terbebas dari iklan saat melihat video. Sedangkan iklan merupakan salah satu sumber pendapatan yang diperoleh YouTuber. Tapi para tak perlu khawatir, sebab Youtube juga memberikan bagian pendapatannya dari premium kepada konten kreator. Akan tetapi YouTube tidak memberikan keterangan pasti berapa persen yang akan diperoleh konten kreator.

Channel Membership

Channel Membership dapat digunakan pengguna YouTube untuk memperoleh konten eksklusif dan fasilitas ekstra. Biasanya tarif yang dibebankan sekitar 4.99 dollar AS atau RP.71.000 per bulannya.

Baca juga:  Heboh! Foto Lebaran Putri Anne Tanpa Arya Saloka Usai Diterpa Isu Selingkuh

Konten kreator yang dapat menggunakan fitur ini harus memiliki minimal 100.000 subscriber. Mereka dapat menawarkan beberapa konten eksklusif kepada para subscriber. Konten eksklusif tersebut dapat berupa video, emoji, badge, atau fasilitas ekstra lainnya.

Super Chat

Super Chat merupakan salah satu fitur di YouTube yang memungkinkan untuk penonton untuk menyematkan pesan selama live streaming berlangsung. Melalui Super Chat ini penonton dapat menggunakannya untuk hal lain seperti promosi atau donasi. Selain itu penonton juga dapat berinteraksi dengan konten kreator selama live streaming berlangsung.

Super Thanks

YouTube Makes It Easier to Tip Creators with New 'Super Thanks' Feature | Beebom
Beebom.com

Salah satu fitur baru yang dapat menambah pendapatan Youtuber adalah Super Thanks. Berupa ikon dengan bentuk hati dengan lambang mata uang dollar ($) di dalamnya. Letak ikon ini ada di bawah video, tepatnya di antara ikon Save dan Download.

Melalui ikon Super Thanks, penonton dapat memberikan tip kepada konten kreator. YouTube memberikan opsi besaran tip yang akan diberikan, yaitu 5 $, 10 $, dan 50 $. Besaran tip juga dapat tersedia dalam jumlah mata uang negara masing-masing. Penonton dapat menggunakan fitur I I di semua video yang ada di YouTube.

Baca juga:  Viral Aktor Riverdale Ryan Grantham yang Menembak Ibu Kandung, Berikut 5 Faktanya

Super Stickers

Konten kreator dapat melakukan penjualan stiker ketika sedang melakukan tayangan live streaming. Dengan fitur ini, penonton dapat memberikan dukungan kepada konten kreator dengan cara menonton live streaming dan membeli sticker yang dijual.

Merchandise

Merchandise merupakan fitur yang dapat digunakan oleh konten kreator yang sudah memiliki minimal 10.000 subscriber. Melalui fitur ini konten kreator dapat menjual merchandise mereka di kanal YouTubenya. Mereka juga dapat mempromosikan merchandise tersebut di halaman utama. Sehingga penonton lebih mudah untuk mendapatkan merchandise yang asli.

Ticketing

Fitur ini biasanya digunakan untuk pertunjukan musik atau tontonan lain yang berbayar. Jadi jika penonton ingin melihat konten tersebut harus membeli tiket terlebih dahulu. Melalui promotor, biasanya penonton hanya perlu mengklik tautan pembelian yang sudah disediakan.

YouTube Brand Connect

YouTube BrandConnect merupakan fitur yang dibuat YouTube untuk menghubungan konten kreator dengan banyak brand. Sehingga keduanya dapat berkolaborasi untuk menghasilkan sebuah produk atau karya yang dapat diperjualbelikan. Fitur ini dapat digunakan sebagai media pemasaran yang kreatif dan mudah untuk disalurkan kepada penonton sebagai mangsa pasar.

Nah itu dia sepuluh sumber pendapatan YouTuber. Gimana? Tertatik untuk menjadi seorang YouTuber?

 

Sumber:

Rizal, Adam. 2021. “Pantas Tajir!, Ini Sumber Pendapatan YouTuber dari Iklan hingga Shorts”.  https://infokomputer.grid.id/read/122824485/pantas-tajir-ini-sumber-pendapatan-youtuber-dari-iklan-hingga-shorts?page=all.

  1. “Bikin Ngiler, Simak Yuk Berapa Jumlah Penghasilan dari Youtube”. https://maucash.id/berapa-jumlah-penghasilan-dari-youtube.