Sejarah Sepak Bola yang Perlu Kamu Tahu

Sumber: Indozone

OMTELOLET – Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak diminati oleh masarakat dunia. Hal itu terlihat dari banyaknya orang berbondong-bondong mendukung tim kesayangannya masing-masing, Lantas, tahukan kamu sejarah sepak bola di dunia?

Sejarah Sepak Bola

Cabang olahraga yang satu ini berasal dari negara Tiongkok, China. Olahraga ini sudah mulai muncul sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi, tepatnya pada masa Dinasti Han. Pada saat itu, masyarakat di sana mengadakan sebuah permainan yang cukup unik.

Tidak seperti sepak bola yang kita kenal saat ini, dahulu, masyarakat bermain menggiring bola kulit dan menendangnya menuju jaring kecil. Selanjutnya, permainan mereka itu dinamakan Tsu Chu (Cuju) yang kemudian digelar di lapangan terbuka.

Baca juga:  Menilik Peluang Pekerjaan Hubungan Internasional

Selain di China, sepak bola ternyata juga menyebar hingga ke Jepang. Namun, dengan sebutan yang berbeda, masyarakat Jepang menyebutnya dengan permainan Kemari. Bedanya, di Jepang, sepak bola dimainkan dalam sebuah upacara.

Di mana para pemainnya melingkar dan memainkan bola dalam lingkaran agar tidak jatuh ke tanah. Sepak bola pun semakin berkembang pada masa Yunani Kuno. Mereka mulai menggunakan bola yang terbuat dari serpihan kulit yang diisi dengan rambut.

Munculnya Sepak Bola Modern

Setelah semakin menyebar, Italia pun melakukan permainan itu dengan menendang dan membawa bola menjadi digemari sejak abad ke-16. Meski begitu, sepak bola modern justru diakui berasal dari Inggris pada abad ke-12 dengan cara yang cenderung lebih ‘keras’.

Baca juga:  Bagaimana Cara Menghargai Jasa Pahlawan?

Pasalnya, dalam permainan sepak bola yang dikenalkan Inggris, ia tidak hanya menggunakan tendangan, melainkan juga pukulan dari kepalan tangan. Karena menimbulkan banyak kekerasan dalam permainan, akhirnya, Raja Edward III melarang olahraga tersebut dimainkan pada tahun 1365.

Berdirinya Asosiasi Sepak Bola

Munculnya sepak bola di Inggris kian digemari oleh berbagai kalangan, termasuk universitas atau sekolah. Akhirnya, selama tahun 1800-an, olahraga tersebut dibawa oleh para pelaut, pedangan, dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia.

Hingga pada akhirnya dibentuklah asosiasi sepak bola Inggris atau The Football Association (FA) pada tahun 1863. Namun, pembentukan asosiasi tersebut dipenuhi dengan perbedaan pendapat tentang aturan-aturan permanan.

Sehingga, pada tahun 1904 diadakan rapat untuk membahas peraturan sepak bola dunia yang skaligus membentuk International Football Association Board (IFAB).

Baca juga:  Sudah Punya 36 Cabang, Simak Review Cabang Brain Academy di Indonesia

Sampai akhirnya pada tahun 1904, didirikanlah asosiasi tertinggi sepak bola dunia dengan nama Federation Internationale de Football Association (FIFA).

Pada tahun itu pula, pertandingan-pertandingan sepak bola mulai banyak diselenggarakan, salah satunya kejuaraan sepak bola Piala Dunia.

Itulah sejarah singkat sepak bola yang dapat kamu ketahui. Dengan mengenal sejarah sepak bola, kamu akan lebih mencintai olahraga yang satu ini.